Beranda Keluarga 5 Kegiatan Seru Di Akhir Pekan Saat Puasa Bersama Keluarga

5 Kegiatan Seru Di Akhir Pekan Saat Puasa Bersama Keluarga

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan bagi umat  Muslim di seluruh dunia. Sehingga bulan ini banyak dimanfaatkan oleh orang-orang untuk melakukan berbagai aktivitas yang produktif. Sayangnya, tidak makan dan minum membuat kita cenderung malas beraktivitas karena takut kelelahan dan haus di tengah puasa. Padahal, beraktivitas membuat kamu tidak lagi merasakan lapar atau haus hingga waktu berbuka tiba, apalagi jika dilakukan dengan keluarga.

Berikut ini beberapa hal yang bisa bunda dan anggota keluarga coba untuk tetap produktif walau sedang berpuasa!.

Kegiatan seru bersama keluarga.

Saat menjalankan ibadah puasa, bukan berarti bunda dan anggota keluarga menjadi bermalas-malasan. Nah, berikut ini adalah beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama keluarga saat akhir pekan selama bulan Ramadhan:

  • Memasak 

Saat berpuasa bukan waktunya untuk bermalas-malasan, bunda bisa mencoba untuk memasak bersama keluarga untuk mengisi waktu di akhir pekan. Bunda bisa mencoba resep takjil sederhana yang menarik dan menggugah selera. Atau membuat kue kering untuk latihan menjelang lebaran. Kalau ternyata rasanya lezat, tidak ada salahnya untuk dijadikan ide bisnis dadakan jelang hari raya.

  • Berkebun

Berkebun memiliki segudang manfaat kesehatan fisik maupun psikis. Karena dengan berkebun, anggota tubuh otomatis bergerak dua kali lebih aktif. Aktivitas berkebun seperti mengolah tanah, memindahkan tanaman, membersihkan tanaman, dan menyiram bisa meningkatkan kekuatan otot. Kegiatan ini ternyata juga dapat meningkatkan hormon melatonin dan serotonin, sehingga bisa menurunkan tingkat stres selama puasa.

  • Bermain Board Game

Bermain board game dengan anggota keluarga lain bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan selama puasa di akhir pekan. Bermain game seperti ini juga membawa semangat kompetitif satu sama lain. Bunda dapat memilih dari berbagai pilihan game yang bisa mengasah strategi hingga menguji pengetahuan umum.

  • Olahraga

Takut olahraga membuat bunda dan anggota keluarga menjadi lelah dan haus? Hal ini tidak akan terjadi, jika bunda tahu kapan waktu terbaik untuk melakukannya. Bunda bisa mengajak anggota keluarga yang lain untuk berolahraga selepas sahur atau sejenak sembari menunggu waktu berbuka.

Dua waktu ini adalah saat yang disarankan, karena tidak membuat kamu kehilangan banyak tenaga. Bunda bisa melakukan olahraga ringan, seperti bersepeda atau berjalan kaki. Meski terasa sederhana, olahraga selama Ramadhan juga penting karena baik untuk kesehatan tubuh.

  • Menonton Film

Jika bosan di rumah saat akhir pekan di bulan Ramadhan, bunda bisa menonton film bersama keluarga untuk mengusir rasa bosan. Apalagi,  saat ini semakin banyak layanan televisi internet yang tersedia dengan berbagai koleksi film yang seru.

Bunda bisa menonton drama, komedi, action, thriller, animasi hingga film dokumenter bisa dipilih. Namun, bunda juga harus pintar-pintar memilih film ya, jangan sampai film tersebut mengganggu kelancaran ibadah puasa dan pastinya, film ini cocok untuk semua umur.

Itulah ide aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa bosan saat puasa di rumah saat akhir pekan.