Beranda Fakta dan mitos 8 Tips Kebersihan Untuk Kualitas Hubungan Intim

8 Tips Kebersihan Untuk Kualitas Hubungan Intim

Sahabat Bunda saatnya memperhatikan kualitas hubungan untuk menjaga keberlangsungan rumah tangga ya Bun…

Bagi pasangan suami istri kualitas hubungan akan menambah keharmonisan dan rasa nyaman di rumah tangga. Kebersihan sebelum dan setelah berhubungan sangat perlu diperhatikan. Karena saat berhubungan, akan menimbulkan beberapa pembuluh darah terbuka di area vagina dan dapat menyebarkan bakteri melalui pembuluh darah yang terbuka tersebut sahabat Bunda. Jika terdapat bakteri yang masuk di pembuluh darah yang terbuka tersebut, akan meningkatkan resiko timbulnya infeksi dan kerusakan jaringan yang mempengaruhi pada kualitas hubungan selanjutnya ni sahabat Bunda.

Nah apasaja yang perlu kita perhatikan sebelum dan sesudah berhubungan intim untuk kualiatas hubungan, yuk kita simak sahabat Bunda;

1. Membersihkan Vagina (alat kelamin perempuan)
Sebelum dan sesudah melakukan hubungan intim membersihkan vagina adalah penting. Karena vagina merupakan organ reproduksi yang berfungsi untuk menyalurkan penis dan sperma ke dalam rahim.

Vagina merupakan organ yang tertutup dan lembap dimana kandungan bakteri baik dan jahat bercampur diarea tersebut. Apabila sahabat Bunda tidak membersihkan dengan baik akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan membuat infeksi timbul, seperti keputihan yang bau dan gatal.

Vagina terletak diantara Uretharal opening (saluran pembuangan air kecil) dan anus (saluran pembuangan tinja) , karena letaknya diantara saluran pembuangan yang mengandung bakteri dan kotoran yang tidak baik untuk vagina maka dari itu sahabat Bunda harus benar-benar menjaga kebersihan setelah BAK / BAB atau sbelum / sesudah melakukan hubungan intim, untuk mengurangi resiko timbulnya infeksi atau penyakit yang tidak diinginkan ya sahabt Bunda.

 

Cara membersihkan vagina dengan baik juga sangat perlu diperhatikan, di antara nya;

  • Gunakan pembersih yang bersifat asam (3-4 PH) meyesuaikan PH vagina, dan jangan melakukan pembersihan menggunakan antiseptik atau kandungan lain yang berlebih. Karena akan menghilangkan bakteri baik pada vagina yang berfungsi menjaga vagina.
  • Lakukan pembersihan dengan gerakan dari arah atas/ depan (mons pubis) ke arah bawah / belakang (anus).
  • Bilas dengan air yang bersih dan dengan jumlah yang cukup, jangan hanya dibilas sekenanya saja ya sahabat Bunda, karena kemungkinan adanya sisa pembersih (sabun) atau kotoran yang belum hilang sempurna.
  • Jangan lakukan pembersihan vagina dengan menyemprotkan air ya sahabat Bunda, karena meningkatkan resiko masuknya bakteri / kotorang ke area uretrha dan vagina, yang jika bakteri masuk akan meningkatkan resiko ISK (infeksi saluran kemih), nyeri saat BAK dan keputihan.

 

2. Membersihkan Penis (alat kelamin laki-laki)

Sama hal nya dengan vagina, penis juga harus dibersihkan dengan baik sahabat Bunda. Terlebih batang penis memiliki saluran antara sperma dan air mani yang sejalan. Bakteri sisa BAK akan tetap dan menempel di batang penis dan area sekitar penis jika tidak dibersihkan.

Berbeda dengan pembersihan vagina yang harus arah yang benar, batang penis cukup di bersihkan dengan pembersih biasa dan air yang cukup. Untuk menghilngkan sisa kotoran yang tertinggal setelah BAK.

Terpenting gunakan air yang cukup ya sahabat Bunda, jangan hanya sekedar basah saja. Karena bila masih tersisa kotoran dalam batang penis, kotoran tersebut akan masuk kedalam vagina saat berhubungan intim dan mempengaruhi area kewanitaan yang lain. Yang bisa menimbulkan rasa gatal, bau atau keputihan.

 

3. Lakukan Pengosongan Kandung Kemih (BAK)

Melakukan pengosongan kandung kemih saat sebelum melakukan hubungan intim sangat perlu diperhatikan nih sahabat Bunda. Karena apabila kandung kemih terisi penuh akan membuat hubungan intim kurang nyaman dan terhenti sejenak karena harus BAK akibat tekanan.

Yang terkadang tidak diketahui sahabat Bunda adalah saat melakukan hubungan intim, bagian kandung kemih akan tertekan dan menimbulkan perlawanan untuk mengeluarkan isi didalamnya. Pada saat sahabat Bunda harus melakukan BAK di tengah hubungan intim, sahabat Bunda harus memulai mood dari awal kembali. Hal ini dikarenakan puncak kenikmatan perempuan memerlukan siklus yang lambat.


Berikut adalah grafik terjadinya orgame pada perempuan dan laki-laki. sangat berbeda bukan sahabat Bunda.

Untuk Perempuan cenderung mendapatkan orgasme berkali-kali sedangkan laki-laki jika sudah sampai pada puncak orgasme akan mengalami penurunan libido sekaligus. Bagi pasangan yang menginginkan kualitas orgasme yang sesuai harus saling pengertian nih sahabat Bunda.

4. Mandi

Ritual mandi sebelum memulai berhungan intim dapat meningkatkan libido dan rasa nyaman saat berhubungan ya sahabat Bunda. Sahabat Bunda dapat menggunakan aromaterapi untuk memberikan sensasi tersendiri. Karena aromaterapi dapat meningkatkan rileksasi dan libido nih sahabat Bunda.

Berbeda dengan sesudah berhubungan intim ya sahabat Bunda. Mandi setelah berhubungan intim sangat penting untuk melakukan pembersihan diarea tubuh dan alat reproduksi (vagina dan batang penis) untuk menghilangkan bakteri yang tidak baik dan mengurangi resiko gatal bahkan infeksi (kasus tertentu)

5. Menyikat gigi dan lidah

Membersihkan gigi dan lidah untuk mengurangi adanya resiko penularan bakteri yang diakibatkan oleh oral seks, dan membuat rasa nyaman pada pasangan sahabat Bunda ya. Jangan sampai pasangan sahabat Bunda memiliki aroma mulut yang tidak sedap ya karena tidak pernah sikat gigi atau akibat jamur di lidah. Rasanya pasti tidak nyaman dan bisa mengurangi libido nih sahabat Bunda.

6. Mencukur Rambut Kemaluan setiap 40 hari
Rambut adalah tempat berkumbul dan megumpatnya bakteri, terlebih rambut kemaluan terdapat di tempat yang lembab. Tentu saja bisa jadi sarang berkumpulnya bakeri nih sahabat Bunda jika di biarkan panjang dan lebat. Sedangkan bakterilah sumber dari masalah organ intim seperti bau tidak sedap, gatal, lecet, nyeri saat BAK, keputihan, bahkan bisa menyebabkan infeksi loh sahabat Bunda.

Mencukur rambut kemaluan secara teratur setiap 40 hari ya sahabat Bunda dan jangan lupa gunakan alat cukur yang bersih, tidak berkarat, dan hanya digunakan khusus untuk mencukur rambut kemaluan saja.

Selain menjadi sarang bakteri, jika rambut kemaluan panjang dan lebat bisa mengurangi rasa nyaman pada laki-laki sahabat Bunda, dan pada kasus yang khusus (pada laki-laki) akan menimbulkan kurangnya libido bahkan hilangnya libido. Nah jika sudah sampai hilang gimana bisa mendapatkan kualitas pada hubungan ya sahabat Bunda.

7. Memotong kuku yang panjang dan kotor
Kuku yang panjang dan kotor sarang bakteri dan mungkin saja cacing nih sahabat Bunda. Kuku akan mengantarkan bakteri masuk kedalam alat reproduksi (vagina) dan membuat infeksi dan penyakit.

Kuku yang panjang juga dapat menimbulkan resiko semakin terbukanya pembuluh darah pada alat reproduksi (vagina) dan membuat rasa tidak nyaman seperti luka goresan. Nah perlu di ketahui ya pemotongan kuku yang panjang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan yah sahabat Bunda, terutama pada laki-laki yang lebih dominan menyentuh alat reproduksi perempuan.

 

8. Memperhatikan area luka terbuka sebelum berhubungan
Seperti penjelasan sebelumnya, hubungan intim menimbulkan terbukanya jaringan pembuluh darah dan mungkin saja luka di organ reproduksi bagian luar. Sebelum berhubungan sahabat Bunda harus memperhatian dahulu adakah luka terbuka, jika memiliki luka terbuka dan pasangan sedang menderita serangan virus atau bakteri, sebaiknya jangan / tunda hubungan intim sampai luka terbuka hilang dan bakteri/virus yang dialami pasangan sembuh. Karena, luka terbuka menibulkan resiko tertularnya virus / bakteri yang sedang dialami pasangan.

Jika luka terbuka yang dialami hanya berada diarea luar dan pasangan sehat maka pastikan luka terbuka ditutup dan hentikan hubungan intim jika menimbulkan rasa tidak nyaman. Karena selain mencurahkan libido, hubungan intim juka mencurahkan cinta dan kasih sayang, maka saling menghargai dan memberikan kenyamanan pada pasangan adalah hal penting dalam hubungan untuk kualitas yang lebih baik.

Memberikan kualitas dan rasa nyaman untuk pasangan sangat penting ya sahabat Bunda. Terlebih jika organ reproduksi dijaga dengan baik dan terhindar dari penyebaran infeksi, sahabat Bunda akan dapat menikmati kualitas hubungan samapi usia senja loh, dan memberikan kebahagian pasangan untuk keberlangsungan rumah tangga.

Dan sekali lagi menjaga kebersihan dilakukan oleh laki-laki dan perempuan ya sahabat Bunda. Karena cinta dan kasih sayang diperjungkan bersama.