Beranda Kehamilan Adakah Penjelasan Medis Tentang Mood Ibu Hamil Di Trimester Pertama?

Adakah Penjelasan Medis Tentang Mood Ibu Hamil Di Trimester Pertama?

Masa kehamilan bagaikan roller coaster, dimana bunda merasakan up and down. Perubahan fisik, merupakan salah satu yang terasa sejak trimester pertama. Bunda bisa merasakan ketidaknyamanan, mulai dari ukuran tubuh, rasa mual, ataupun muntah. Konon katanya, perubahan fisik inilah yang membuat bunda menjadi emosional atau memiliki swing mood (perubahan suasana hati).

Benarkah demikian?, Adakah penjelasan secara ilmiah tentang hal ini?. Untuk lebih lanjut, bunda bisa simak penjelasan berikut ini.

Perubahan Mood Ibu Hamil

Terjadinya perubahan suasana hati bagi bunda yang sedang mengandung, muncul diantara enam hingga sepuluh minggu pertama kehamilan. Bunda tidak perlu merasa khawatir akan hal ini, karena kondisi ini akan mereda dan membaik di trimester kedua. Tapi, swing mood ini akan kembali datang pada trimester ketiga, menjelang persalinan.

Apasih penyebab perubahan suasana hati ini?. Ada berbagai macam alasan terjadinya perubahan suasana hati. Salah satunya adalah perubahan hormon pada tubuh bunda, ketika hamil, kadar hormon estrogen dan progesteron akan mengalami peningkatan. Perubahan inilah yang mempengaruhi kondisi kimiawi pada otak, yang bertugas untuk mengatur emosi dan suasana hati.

Selain kadar hormon estrogen dan progesteron. Perubahan mood ini bisa terjadi karena perubahan metabolisme tubuh, kelelahan, stres, dan lainya. Memang momen kehamilan adalah momen yang paling membahagiakan, tetapi prosesnya tidak bisa dibilang mudah.

Agar Bisa Lebih Tenang

Untuk mengurangi sisi negatif ini, bunda bisa melakukan hal-hal yang menyenangkan hati. Tak lupa bantuan dari pasangan juga diperlukan untuk menenangkan hati bunda:

  • Mengobrol

Berbicara dengan pasangan, orang tua, ataupun teman, tentang perasaan atau emosi bunda tidak ada salahnya kok. Mengobrol dengan seseorang, bisa membantu perasaan bunda menjadi lebih lega. Bunda juga bisa meminta saran dari mereka jika diperlukan.

  • Banyak Istirahat

Saat hamil akan membuat bunda menjadi lebih lelah. Hindari aktivitas yang menguras tenaga ataupun aktivitas fisik yang terlalu berat dan perbanyak istirahat dan tidur ya bunda. Karena saat bunda kurang tidur, bisa memicu munculnya emosi negatif.

  • Lakukan Hal Menyenangkan

Jika hati bunda sedang cemas, atau tidak enak hati, bunda bisa lakukan hal yang menyenangkan. Seperti mendengarkan musik, membaca buku, memasak, atau melihat-lihat barang keperluan Si kecil nanti. Tidak ada salahnya untuk berjalan-jalan keluar rumah untuk memperbaiki mood bunda kok.