Beranda Persalinan Alasan Ibu Menyusui Perlu Hindari Makanan Tinggi Gula

Alasan Ibu Menyusui Perlu Hindari Makanan Tinggi Gula

Mengkonsumsi makanan tinggi gula akan menyebabkan beberapa resiko, seperti penambahan berat badan atau resiko terjadinya diabetes tipe 2, bahkan penyakit perlemakan hati, hingga masalah pada jantung. Apa akibatnya jika bunda yang dalam masa menyusui mengkonsumsi makanan tinggi gula?berikut pembahasannya.

Alasan Ibu Menyusui Perlu Hindari Makanan Tinggi Gula

Kenapa sih bunda dilarang untuk mengkonsumsi makanan tinggi gula? Alasanya adalah tambahan gula dari makanan bunda akan diteruskan ke Si kecil melalui ASI, dan dari hal tersebut dapat terjadi paparan yang menyebabkan gangguan pada perkembangan otak bayi. Karena ASI dapat  terpengaruh dari makanan atau minuman yang bunda konsumsi, pastikan untuk membatasi asupan gula harian ya bunda. 

Gula fruktosa yang diserap oleh Si kecil dan anak-anak selama masa pertumbuhan dan perkembangannya dapat berujung pada masalah perkembangan kognitif dan pembelajaran, bahkan meningkatkan risiko obesitas, diabetes, penyakit perlemakan hati, dan jantung. 

Lalu gula yang seperti apa, yang aman dikonsumsi? Gula yang sehat dan alami dalam ASI dapat berasal dari laktosa yang memiliki manfaat bagi pertumbuhan dan juga perkembangan Si kecil. Laktosa merupakan sumber energi karbohidrat pada ASI, akan tetapi laktosa pada bunda juga bisa hilang loh, hal ini didasari pola makan bunda. 

Seberapa Banyak yang Disebut Berlebihan?

Lalu seberapa banyak sih baiknya bunda mengkonsumsi gula? Jika bunda dalam masa menyusui, bunda dapat mengkonsumsi 10 miligram fruktosa. Akan tetapi, satu mikrogram  fruktosa per mililiter ASI dikaitkan dengan peningkatan 5 hingga 10 persen dalam berat badan dan lemak tubuh untuk bayi pada usia enam bulan.  

Padahal, satu mikrogram fruktosa per mililiter ASI ini seribu kali lebih rendah dari jumlah laktosa yang ditemukan dalam ASI. Namun, jika konsumsi bunda berlebihan, maka penyerapannya dalam ASI pun akan sama tingginya. Jadi, penting untuk bunda terus memantau kesehatan.