Beranda Persalinan Aman Tidak Sih Ibu Menyusui Minum Madu ?

Aman Tidak Sih Ibu Menyusui Minum Madu ?

Banyak larangan anak dibawah 1 tahun mengkonsumsi madu. Hal ini dikarenakan madu mengandung clostridium botulinum, dimana bakteri tersebut jika ada pada bayi dibawah 1 tahun akan menyebabkan botulisme.

Botulisme sendiri merupakan kondisi keracunan serius yang disebabkan oleh racun bakteri Clostridium botulinum. Racun ini dikenal sebagai salah satu yang paling berbahaya dan dapat merenggut nyawa seseorang. Lalu bagaimana jika bayi yang minum ASI pada Bunda yang mengonsumsi madu?

Madu Aman Untuk Ibu Menyusui

Jika bayi Bunda dibawah 1 tahun minum ASI pada Ibu yang mengonsumsi madu, tidak jadi masalah ya Bunda. Bunda boleh kok minum madu. Mengapa?

Ini dikarenakan Bunda memiliki keasaman lambung untuk membunuh kuman jika mengonsumsi madu yang terkontaminasi. Sehingga, tidak ada risiko botulisme yang akan ditularkan kepada bayi melalui ASI.

Sedangkan sebuah ulasan di Breastfeeding Place, botulisme sesungguhnya tidak ditularkan dalam ASI. Botulisme tidak akan mudah ditularkan, saat ibu menyusui mengonsumsi madu yang mengandung spora botulisme sekalipun, yang masuk melewati tubuh dan masuk ke dalam ASI.

Hal ini dikarenakan usus orang dewasa dapat membunuh spora botulisme tersebut dan menjadikannya tidak berbahaya. Dengan spora terbunuh melalui pencernaan maka keberadaannya pun tidak akan mengontaminasi ASI. Bunda pun dapat dengan aman mengonsumsi madu tanpa takut menularkan botulisme pada bayi Bunda.

Yang dilarang adalah meminumkan madu secara langsung pada bayi secara langsung ya Bunda. 

Manfaat Madu Untuk Ibu Menyusui

Bagi Bunda yang mengonsumsi madu saat menyusui akan mendapatkan manfaat sebagai berikut :

  • Bunda menjadi lebih berenergi
  • Tidak mudah lelah
  • Dapat membantu memperbanyak produksi ASI
  • Meningkatkan kualitas ASI
  • Bayi akan mendapatkan manfaat baik dari kandungan madu
  • Bermanfaat untuk kesehatan lambung dan aliran darah
  • Meningkatan daya tahan tubuh
  • Membantu penyembuhan masa nifas karena kandungan energi di madu
  • Madu hangat dapat membuat tenggorokan Bunda lega, sangat cocok saat Bunda harus begadang untuk menyusui.

Jadi jangan khawatir mengonsumsi madu saat menyusui ya Bunda, terpenting minumlah madu dengan takaran yang tidak berlebihan ya Bunda, karena yang berlebihan pasti tidak baik.