Beranda Anak Anak Alami Biduran, Bagaimana Cara Mengobatinya?

Anak Alami Biduran, Bagaimana Cara Mengobatinya?

Si kecil sering menggaruk kulitnya yang disertai bentol dan kemerahan? Kemungkinan Si kecil mengalami biduran bunda. Biduran atau urtikaria dapat terjadi ketika kulit, mengeluarkan reaksi terhadap alergi yang berupa bentol dan kemerahan.

Kondisi ini pastinya tidak akan membuat Si kecil nyaman, dan apakah bunda tahu, jika kondisi ini bisa menyebar dan menimbulkan komplikasi seperti pembengkakan pada mata, bibir, tangan, dan kaki. 

Tapi bunda tidak perlu khawatir, karena bunda bisa melakukan beberapa perawatan dirumah untuk mengobati biduran pada Si kecil. Apa saja itu, yuk simak penjelasannya berikut ini.

Penanganan untuk Atasi Biduran Anak

Gejala utama ketika Si kecil mengalami biduran adalah munculnya bentol kemerahan pada kulitnya. Biduran sendiri merupakan reaksi tubuh, karena adanya faktor pemicu alergi, yang akhirnya membuat tubuh melepaskan histamine dan bahan kimia lainya di permukaan kulit. 

Histamine dan bahan kimia lainya, akan muncul pada permukaan kulit yang menyebabkan peradangan dan juga terjadi penumpukan cairan. Maka dari itu, bentol yang muncul umumnya hanya terlihat pada satu area saja.

Bunda tidak perlu khawatir secara berlebihan, karena biduran termasuk dalam kategori yang ringan. Biduran dapat hilang dengan sendirinya, namun bunda tetap perlu melakukan beberapa perawatan untuk meringankan gejala yang dialami Si kecil, seperti: 

  • Kompres Air Dingin

Jika Si kecil menunjukan kondisi biduran, bunda bisa mengompres bagian tubuh yang mengalami biduran, dengan kompres dingin. Bunda bisa gunakan es, yang telah dibalut kain lembut yang bersih dan kompres selama beberapa menit. Ingat bunda, lakukan pengobatan ini secara rutin ya, agar rasa gatal atau bengkak akibat biduran bisa diatasi dan Si kecil bisa kembali merasa nyaman.

  • Gunakan Pakaian yang Nyaman

Ketika Si kecil mengalami biduran, pasrtikan anak menggunakan pakaian yang nyaman ya bunda. Dengan menggunakan pakaian yang longgar dan menyerap keringat, bisa membuat rasa gatalnya berkurang.

  • Hindari Cuaca Panas

Baiknya saat Si kecil terkena biduran, istirahatkan Si kecil dari aktivitasnya. Biarkan anak beristirahat di ruangan dengan suhu yang nyaman agar gejala yang dirasakan dapat membaik.

  • Jaga kebersihan Kulit Si kecil 

Bunda tak perlu ragu dalam menjaga kebersihan kulitnya, selama Si kecil mengalami biduran. Pastikan Si kecil untuk mandi dengan air hangat, guna meredakan rasa gatalnya. Bunda juga bisa menggunakan sabun dengan kandungan pelembab agar kulit anak tidak kering.

  • Hindari Faktor Pemicu

Hindari Si kecil untuk makan, atau memegang serangga, bahan kimia dan cuaca panas atau dingin, serta tingkat stres. Untuk menghindari faktor pemicu biduran. 

Itulah beberapa cara, yang bisa bunda coba di rumah sebagai pengobatan biduran Si kecil. Akan tetapi jika cara diatas tidak dapat membuat biduran segera menghilang, baiknya bunda bawa Si kecil untuk melakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan.