Beranda Anak Anak-anak Rentan Alami Kanker Mata

Anak-anak Rentan Alami Kanker Mata

Penyakit kanker dapat menjangkiti tiap kelompok umur, baik orang tua, dewasa, remaja, atau anak-anak, bahkan penyakit kanker juga bisa menyerang tiap bagian tubuh manusia. Pernahkah bunda, mendengar kanker mata retinoblastoma, yaitu penyakit kanker yang menyerang mata anak. Retinoblastoma yang dimiliki anak akibat penyakit turunan atau penyakit genetik dari orang tuanya.

Lalu apa saja sih gejala yang ditunjukan jika anak mengalami retinoblastoma? lebih lengkapnya, bunda bisa simak pembahasan dibawah ini.

Mengenal Kanker Mata pada Anak

Sebelum mengetahui apa sih gejala anak mengidap retinoblastoma, bunda perlu mengenal salah satu jenis kanker mata ini. Retinoblastoma sendiri dapat menyerang salah satu atau kedua mata Si kecil. Penyebab anak memiliki retinoblastoma, akibat adanya mutasi gen pada retina, sehingga sel-sel retina pada mata membelah dengan cepat. Akibat pembelahan yang cepat, sel tersebut menyebar ke jaringan mata dan juga bagian tubuh lainya.

Jika kanker ini menyerang kedua bagian mata pada anak. Maka, gejalanya sudah bisa dideteksi sebelum Si kecil berusia satu tahun. Dalam beberapa kasus, anak dengan retinoblastoma sudah terjadi sejak didalam kandungan. Masa awal pertumbuhan kanker, sel akan terus berkembang menjadi sel retina yang matang. Akan tetapi, proses dalam proses perjalanannya tidak normal pada kondisi kanker mata retinoblastoma.

Walau penyakit ini terjadi akibat mutasi gen, sehingga sel tubuh secara terus-menerus dan tidak terkendali. Dalam kasus yang khusus, penyakit ini juga bisa menyerang secara acak atau tanpa adanya riwayat keluarga. Lalu apa tanda yang muncul ketika anak mengidap retinoblastoma?.

Tanda yang mungkin muncul pada anak yang mengidap retinoblastoma adalah leukokoria,maksudnya, ada warna putih pada pupil mata. Warna putih pada pupil ini dapat terlihat ketika mata terpapar sinar atau cahaya. Seharusnya, pembuluh darah yang ada di belakang mata memancarkan warna merah saat disinari cahaya. Selain warna putih pada pupil, kondisi lainya juga bisa ditandai dengan gejala mata merah dan bengkak, mata bergerak ke kiri dan kekanan tanpa disengaja, dan juga pupil selalu terbuka lebar. 

Jika bunda melihat gejala ini pada Si kecil, sebaiknya sesegera mungkin, bunda melakukan pemeriksaan ke rumah sakit. Ingat bunda, penanganan sedari dini dapat mencegah kemungkinan komplikasi atau kondisi yang memburuk.