Beranda Anak Anak Kecanduan Gadget, Orangtua Lakukan 5 Hal Ini

Anak Kecanduan Gadget, Orangtua Lakukan 5 Hal Ini

Gadget, telah menjadi barang yang paling sering dibawa dan telah membuat banyak orang ketergantungan. Tak jarang, banyak anak-anak saat ini sudah paham bagaimana cara menggunakan gadget untuk menonton video berbagi gratis di berbagai aplikasi. 

Hal ini tentunya membuat miris, karena anak-anak yang kecanduan gadget, cenderung malas untuk melakukan aktivitas luar ruangan, dan juga mengalami kesulitan bersosialisasi. Kalau sudah demikian, apa yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi kondisi ini?.

Tips Mencegah Kecanduan Gadget Pada Anak

Menggunakan gadget memang seru, banyak hal yang bisa ditemukan di dalamnya, mulai bermain game dan menonton di aplikasi berbagi gratis. Akan tetapi jika anak terlalu tenggelam, maka hal ini perlu ditangani. Sebagai orang tua, bunda perlu tegas dalam memberikan batasan yang jelas bagi Si kecil dalam penggunaan gadget, ada beberapa tindakan yang bisa bunda lakukan, yaitu:

  • Bunda bisa membatasi anak untuk bermain gadget maksimal 30 menit tiap harinya. Bukan hanya gadget yang perlu bunda batasi penggunaan, pembatasan ini juga berlaku saat menonton TV, bermain komputer, dan perangkat hiburan lainnya.
  • Bunda bisa membuat jadwal, saat Si kecil menggunakan gadget. Selain itu, bunda juga bisa membuat jadwal rencana kegiatan fisik, agar menyenangkan untuk Si kecil dan juga bisa mengirimkannya dari gadget.
  • Pastikan tidak menaruh TV, gadget, komputer dan perangkat lainya di dalam kamar anak.
  • Bunda bisa biasakan anak untuk tidak menggunakan gadget saat waktu makan, mengerjakan pekerjaan rumah dan waktu tidur.
  • Bunda bisa berikan pujian untuk anak, saat mereka berhasil dan taat kepada aturan rumah yang telah bunda tetapkan.
  • Bunda bisa mendorong Si kecil, untuk melakukan aktivitas luar ruangan bersama teman0teman sebayanya.

Ada beberapa dampak yang perlu bunda ketahui, saat anak suka bermain gadget. Dimana anak yang suka atau kecanduan bermain gadget tidak akan memperhatikan postur tubuhnya, jarak layar dengan mata, dan kecerahan layar yang mampu mempengaruhi penglihatan dan kesehatan mata. 

Jika bunda membiarkan anak menatap layar dalam waktu yang cukup lama, bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan membuat matanya menjadi kering, iritasi mata, serta sulit untuk fokus. Membiarkan Si kecil untuk menghabiskan banyak waktu dalam satu postur, juga bisa membuatnya sakit leher punggung. 

Kecanduan bermain gadget, bisa menyebabkan anxiety disorder, yaitu depresi pada anak saat mereka dijauhkan atau dilarang bermain gadget.