Beranda Anak Anak Sering Mengonsumsi Makanan Manis, Ini Dampaknya

Anak Sering Mengonsumsi Makanan Manis, Ini Dampaknya

Permen, donat, gulali, dan coklat adalah sebagian makanan manis yang menjadi favorit anak-anak. Tetapi dibalik rasa manisnya, ada dampak buruk bagi Si kecil, jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Bukan hanya anak mendapatkan lubang di giginya, tetapi ada gangguan jangka panjang yang mungkin dialami Si kecil, apa saja itu, berikut penjelasanya untuk bunda simak.

Dampak Makanan Manis untuk Si kecil

Pastinya, bunda perlu menjaga pola makan anak, dan tidak ada salahnya, jika bunda memantau makanan apa saja yang mereka konsumsi. Hal ini memiliki tujuan agar anak terhindar dari gangguan kesehatan.

Terlalu banyak makan makanan manis, memiliki dampak bagi Si kecil, diantaranya:

  • Gizi yang Didapat Tidak Seimbang

Saat anak terlalu banyak mengkonsumsi gula secara berlebihan, akan membuat anak mengalami penurunan nafsu makan. Hasilnya, tubuh anak tidak mendapatkan asupan gizi yang seimbang dan pertumbuhan dan kembangnya menjadi tidak optimal.

  • Kerusakan Gigi

Terlalu banyak makan makanan manis pastinya akan merusak gigi. Gigi akan berlubang, akibat terjadinya kerusakan pada lapisan gigi. Sisa makanan manis di gigi, memiliki potensi untuk menyebabkan asam pada mulut dan menyebabkan bakteri untuk tumbuh.

  • Diabetes

Makanan manis bisa memicu penyakit diabetes. Penyakit diabetes bukan hanya diderita orang dewasa saja loh bunda, tetapi ank-anak juga bisa mengalaminya. Pada anak-anak yang mengalami diabetes tipe 1, dengan gejala seperti rasa haus yang meningkat, lebih sering merasa lapar, mengalami penurunan berat badan secara drastis, dan selalu merasa kelelahan.

  • Obesitas

Sudah makan manis, anak juga malas untuk bergerak bunda?. Hal ini bisa memicu obesitas loh, dengan banyaknya asupan gula secara berlebih, membuat kalori dalam tubuh akan mengalami peningkatan. Dalam kondisi ini terjadinya penimbunan lemak didalam tubuhnya. Akibat penimbunan ini, anak berpotensi memiliki obesitas, yang pastinya akan mengganggu masa pertumbuhan dan perkembangannya.  

  • Sugar Rush

Sugar rush adalah kondisi anak menjadi lebih aktif, akibat konsumsi gula yang berlebihan. Kondisi ini dapat mempengaruhi konsentrasi anak, sebaiknya bunda berikan makanan manis dari bahan alami, agar anak terhindar dari sugar rush.

  • Menurunkan Kemampuan Otak

Menurunya kemampuan otak juga bisa menjadi faktor dari banyaknya makan makanan manis loh bunda. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis, dapat membuat anak menjadi susah untuk berkonsentrasi dan juga bisa membuat anak lebih lambat dalam menangkap pelajaran atau informasi. 

Dalam memberikan makanan manis pada anak, sebaiknya bunda melakukanya dengan takaran, sekitar 10% dari total energi yang dikonsumsi anak. Tujuannya, agar terhindar dari dampak yang telah disebutkan diatas. Pada anak dengan rentan usia 1-3 tahun, sebaiknya mengkonsumsi 4-5 sendok gula per hari, dan untuk anak berusia 4-6 tahun, mengkonsumsi 5-8 gula per hari.

Bunda juga tidak perlu ragu, untuk bertanya pada dokter, tentang asupan gula bagi anak di usia mereka. Jika anak mengalami gejala diatas, bunda bisa segera melakukan pemeriksaan agar anak mendapatkan penanganan dari tim medis.