Beranda Keluarga Apa Yang Dimaksud Dengan Terapi Keluarga?

Apa Yang Dimaksud Dengan Terapi Keluarga?

Tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan sebuah keluarga. Dimana keluarga memiliki permasalahannya tersendiri dan terkadang sulit untuk mendapatkan sebuah solusi. Tapi ada satu cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan dengan baik. Yaitu dengan melakukan terapi keluarga.

Apa Sih terapi keluarga itu? Untuk lebih jelasnya, bunda bisa lihat ulasan berikut ini. 

Terapi Keluarga, Dukungan yang Efektif untuk Pengobatan Gangguan Mental

Terapi keluarga merupakan konseling psikologis atau psikoterapi, yang memiliki tujuan untuk meningkatkan komunikasi antar anggota keluarga sehingga dapat menyelesaikan permasalahan. Dimasa sulit, metode ini bisa dibilang tepat, karena bukan hanya mendapatkan jawaban yang tepat, tetapi juga mendapatkan penanganan terkait masalah kesehatan mental. 

Kegiatan konseling ini memang berlangsung secara singkat, dengan rencana perawatan yang membutuhkan kerja sama anggota keluarga. Jadi sang terapis akan mengajari anggota keluarga untuk memperdalam hubungan satu sama lain dan bagaimana cara melewati masa-masa sulit.

Lalu, apa tujuan dilakukannya terapi keluarga secara lengkap?

Tujuan terapi dilakukan untuk memperbaiki masalah didalam keluarga. Baik itu permasalahan pernikahan, keuangan, konflik antara orangtua dan anak, higa dampak penyalahgunaan zat atau penyakit mental.

Akan tetapi, ada beberapa contoh terapi keluarga untuk penanganan penyakit mental atau kecanduan, seperti:

  • Membantu anggota keluarga untuk mengatasi penyakit mental serius, seperti skizofrenia, yang tetapi mengkonsumsi obat-obatan, terapi, dan penanganan lainya. Dan pastinya juga dukungan keluarga juga diperlukan untuk melalui masalah ini.
  • Kasus kecanduan atau ketergantungan terhadap obat tertentu. Keluarga bisa mendapatkan terapi ini dengan perawatan di rumah. Peran keluarga untuk menarik ketergantungan tersebut terbilang vital, agar kecanduan dapat hilang.
  • Terapi keluarga juga bisa berguna, disaat keluarga tidak dalam kondisi yang baik, seperti mengalami stres, sedih, marah, yang menimbulkan konflik. Terapi akan diberikan, agar dapat membantu diri sendiri atau membantu anggota keluarga untuk membantu satu sama lain.

Hasil yang Diharapkan dari Terapi Keluarga

Terapi dilakukan selama satu jam dengan sesi sebanyak 2 kali. Akan tetapi, kondisi ini tergantung dengan situasi dan juga rekomendasi dari terapis. Selama terapi berlangsung, ada beberapa hal yang bisa didapatkan, antaranya:

  • Dapat mengetahui kemampuan untuk memecahkan masalah dan menunjukkan pikiran serta emosi dengan cara yang baik.
  • Mengidentifikasi masalah yang dapat berkontribusi terhadap konflik dan mengetahui cara mengatasinya.
  • Dapat memastikan kekuatan tiap anggota keluarga, seperti tingkat kepedulian satu sama lain dan kelemahannya, seperti sulit untuk mengungkapkan perasaan.

Sekian pembahasan mengenai terapi keluarga yang dapat mengatasi masalah yang timbul. Dengan melakukan metode ini, diharapkan kedekatan tiap anggota keluarga dapat terjalin kembali seperti sedia kala, sehingga bisa mendorong semua hal positif.