Beranda Persalinan Bagaimana Sih Penggunaan Bra Yang Nyaman Untuk Ibu Menyusui?

Bagaimana Sih Penggunaan Bra Yang Nyaman Untuk Ibu Menyusui?

Agar proses menyusui lebih mudah, bukan hanya posisi menyusui yang perlu diperhatikan. Penggunaan bra dan bantal menyusui ternyata tak kalah membantu loh Bunda. Penggunaan bra khusus Ibu menyusui akan membantu Bunda dalam proses menyusui, karena bra menyusui dirancang untuk memudahkan Bunda membuka dan menutup payudara. 

Ketika Bunda sedang dalam masa menyusui, biasanya ukuran payudara akan berubah dan bertambah besar. Untuk mendukung proses menyusui dan perubahan yang terjadi pada payudara, saat ini ada bra yang didesain khusus untuk ibu menyusui.

Karena ukuran payudara saat hamil masih bisa berkembang lebih besar lagi di masa menyusui, sebaiknya jangan terburu-buru membeli bra khusus ini sejak awal kehamilan ya Bunda. Tidak ada salahnya untuk Bunda menunggu sampai usia kandungan mencapai 37 minggu alias sekitar bulan ke-8 atau 9 kehamilan.

Memasuki masa akhir kehamilan, barulah Bunda bisa membeli 2-3 bra untuk dipakai bergantian nantinya. Nah saat hendak membelinya, berikut beberapa tips dalam memilih bra menyusui:

  1. Pilih bra yang fleksibel

Kondisi payudara saat masa menyusui tentu berbeda dengan sebelum Bunda hamil dan menyusui. Pada masa ini, jaringan payudara saling bekerja sama untuk memproduksi ASI agar dapat mencukupi kebutuhan harian bayi.

Bahkan, payudara bisa terasa penuh dalam waktu-waktu tertentu karena berisi banyak ASI. Maka dari itu, pastikan Bunda memilih bra menyusui yang fleksibel alias lentur sehingga nyaman saat dipakai.

Pilih bra menyusui dengan cup yang mudah dibuka dan ditutup. Bra yang baik biasanya dilengkapi dengan cup yang mudah dibuka dengan satu tangan serta ukuran cup yang memudahkan bayi saat menyusu.

Dengan begitu, Bunda tidak perlu repot membuka cup pada bra dengan dua tangan ketika salah satu tangan Bunda sedang menggendong bayi.

  1. Cari bra dengan ukuran yang pas

Meski tertarik dengan beragam bentuk dan tampilan, sebaiknya pilih bra yang sesuai dengan kebutuhan dan ukuran payudara untuk Bunda.

Bra yang pas alias tidak terlalu longgar dan sempit akan membantu menopang payudara Bunda selama masa menyusui.

Untuk memastikan ukuran bra sudah pas, pastikan jahitan pusat yang membagi dua cup atau dua sisi payudara terletak pas menempel pada tulang payudara ya Bunda.

  1. Pilih bahan dasar bra yang nyaman dan mudah dibersihkan

Bra bersentuhan langsung dengan puting dan kulit payudara. Bra menyusui ini juga bisa dengan mudah terkena ASI yang keluar dari payudara.

Itu sebabnya, pilihlah bahan bra menyusui yang mudah dibersihkan dan dicuci. Selain itu, pastikan bahan dasar pembuatan bra menyusui tersebut juga sejuk saat digunakan. Bahan bra menyusui yang bisa jadi pilihan untuk Bunda yakni bahan katun.

  1. Perhatikan detail bra menyusui

Bra untuk ibu menyusui yang baik dan nyaman digunakan harusnya tidak akan menyusut atau membuat payudara terasa sesak ketika dipakai.

Di samping memperhatikan poin tersebut, pastikan juga bra yang Bunda pilih dilengkapi oleh detail pelengkap sebagai berikut:

  • Memiliki empat kaitan agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda.
  • Bra menyusui memiliki tali penyangga yang lebar dan tidak licin.
  • Sisi samping dan bagian belakang bra lebih lebar untuk membantu menopang payudara.
  • Bagian depan tengah cup bra menyusui cukup dalam untuk memberikan dukungan tambahan bagi payudara.
  • Cup bra yang mudah dibuka dan ditutup dengan satu tangan sebelum mulai dan setelah selesai menyusui.
  • Lubang pada cup bra menyusui cukup besar sehingga memberikan ruang yang leluasa bagi bayi untuk menyusu dengan nyaman.

Setiap detail atau bagian terperinci dari bra memiliki fungsinya sendiri-sendiri untuk memudahkan dan mendukung Bunda selama menyusui si kecil.

Jika produksi ASI berlebih sampai membasahi bra dan belum masuk jadwal menyusui, Bunda bisa menggunakan pompa ASI kemudian menerapkan cara menyimpan ASI yang tepat ya Bunda.