Beranda Keluarga Bahan Alami Penurun Demam Si Kecil

Bahan Alami Penurun Demam Si Kecil

Si kecil lagi demam nih Bunda, tapi belum terlalu tinggi kita harus apa yah. Sahabat Bunda, demam memang sering sekali dialami oleh si kecil. Bukan sebuah penyakit ya Bunda, terkadang saat cuaca panas tubuh si kecil mengalami demam. 

Sebaiknya Bunda menggunakan bahan alami terlebih dahulu sebelum menggunakan obat penurun panas. Obat penurun panas dapat Bunda berikan saat suhu tubuh diatas 380C.

Bahan Alami 

Berikut bahan alami yang dapat Bunda gunakan untuk penurun demam, sebagai tahap awal dan pendamping pengobatan klinis, diantaranya:

Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan atsiri, sikloadin, metilaliin, kuersetin dan floroglusin yang bermanfaat untuk menurunkan demam pada balita. 

Bunda dapat menggunakan bawang merah dengan cara memarut beberapa bawang dengan parutan keju atau iris tipis bawang merah tambahkan minyak kelapa atau minyak telon. Kemudian balurkan campuran bawang dan minyak ke tubuh si kecil. Berikan sedikit pijatan halus pada seluruh tubuh si kecil. 

Setelah selesai kenakan baju yang tertutup, tapi tidak tebal, hindari menyelimuti secara berlebihan. Bawang akan memberikan rasa hangat dan menurunkan demam. 

Kunyit

Bahan alami selanjutnya adalah kunyit, kunyit memiliki kandungan minyak atsiri, turmeron, curcumin dan zingiberen yang berfungsi sebagai antiinflamasi, antioksidan, dan juga antibakteri sebagai penurun panas sikecil.

Bunda dapat menggunakan kunyit dengan cara parut kunyit berukuran 1 ruas jari, campur dengan air panas setengah gelas. Setelah dingin, peras ramuan dan ambil sarinya saja untuk diminum sikecil. Untuk memberikan rasa manis Bunda bisa berikan gula jawa yang telah dicairkan secara terpisah, untuk menetralkan lidah si kecil. 

Temulawak 

Temulawak memiliki kandungan seperti zat aktif germacrene, alpha betha curcumena, dan xanthorrhizol. Kandungan yang ada dalam temulawak ini berfungsi sebagai antibiotik dan juga antiinflamasi. 

Bunda dapat menggunakan temulawak dengan parut 1 ruas jari temulawak, campur dengan 1 gelas air lalu panaskan. Saring lalu peras dan ambil sari temulawak, berikan pada sikecil. Bunda dapat menambahkan madu agar lebih manis. Atau siapkan air gula jawa untuk penetral rasa setelah si kecil minum ramuan temulawak.