Beranda Konsepsi Benarkah Begadang Dapat Menurunkan Kesuburan ?

Benarkah Begadang Dapat Menurunkan Kesuburan ?

Infertilitas Р adalah kegagalan dari pasangan suami istri untuk mengalami kehamilan setelah melakukan hubungan seksual secara teratur tanpa kontrasepsi selama satu tahun. (Sarwono,497)

Kesuburan merupakan sebuah definisi yang menggambarkan tentang sebuah keberhasilan dari hubungan suami – istri menjadi sebuah kehamilan.

Dimana setiap hubungan rutin dan tanpa alat kontrasepsi pasti mengharapkan sebuah hasil dari hal tersebut, dan tahukah sahabat Bunda bahwa banyak hal yang mempengaruhi tingkat keberhasilan dari sebuah hubungan intim .

Apakah begadang mempengaruhi kesuburan?

Porsi tidur orang dewasa setiap harinya ialah 8 jam / hari, selama proses tidur, sel tubuh membentuk sel baru untuk regenerasi. Bagaimana jika tubuh dibiarkan begadang, apakah mempengaruhi dengan kesuburan dan menyebabkan kemandulan?

Karena kuantitas dan kualitas tidur secara langsung mempengaruhi kesehatan, mood, hormon dan kesuburan.

Mandul adalah salah satu penyakit akibat begadang dan kurang tidur. Ahli endokrinologi reproduksi Los Altos, Dr. Deborah A. Metzger, menyebut bahwa dia selalu merekomendasikan agar pasien wanita tidur 9-9 jam setiap malam untuk meningkatkan kesuburan mereka.

Hubungan Kurang Tidur Dengan Kualitas Sperma

Berdasarkan jurnal yang diterbitkan oleh American Society for Reproductive Medicines, kualitas tidur pria berpengaruh terhadap kualitas sperma yang dimilikinya. Pria yang tidur kurang dari 6 jam per hari sangat mudah sekali terkena stress yang memberikan dampak kurang baik bagi kualitas sperma.

Kurang tidur dapat membuat ukuran testis mengecil dan dibarengi dengan penurunan jumlah produksi sperma. Hal ini juga berdampak pada hormon testoteron yang dimiliki seorang pria.

Saat tidur dengan waktu yang cukup dan berkualitas, kadar hormon testoteron dapat naik dan meningkatkan kualitas sperma. Kurang tidur dapat menimbulkan kelelahan, hal ini juga akan mengurangi gairah seksual sehingga enggan untuk berhubungan.

Pengaruh Begadang Terhadap Kesuburan Pria

Masalah tidur, seperti terlalu larut, atau begadang juga dapat mempengaruhi kesuburan seorang pria. Masalah tidur dapat menurunkan jumlah sperma hingga 25%. Penurunan jumlah sperma ini juga menjadi tanda jika sperma tersebut tidak memiliki kualitas yang baik.

Selain itu penelitian menunjukan jika tidur kurang dari 6 jam per malam, dapat menurunkan peluang sperma membuahi sel telur dengan sempurna sekitar 43%.

Nah mulailah penuhi kebutuhan tidur untuk meningkatkan kualitas sperma dan mempermudah tubuh melakukan regenerasi sel baru.

Pengaruh Begadang Terhadap Kesuburan Wanita

Wanita memiliki sel telur yang diproduksi setiap bulannya. Dan pematangan sel telur terjadi di malam hari. Dan regenerasi sel baru tubuh bekerja pada saat jam 10 malam sampai jam 2 pagi.

Oleh sebab itu banyak dokter kandungan yang menyarankan pada Bunda yang sedang melakukan program hamil untuk istirahat sebelum jam 10 malam. Agar tubuh dapat memproduksi sel telur dengan teratur tiap bulannya.

Terbatasnya waktu sel melakukan regenerasi membuat banyak wanita kehilangan waktu berharga tersebut karena harus begadang karena urusan pekerjaan dan lain sebagainya.

Selain tidak teraturnya pertumbuhan sel telur tiap bulannya, begadang juga dapat membuat wanita cepat tua nih sahabat Bunda, karena saat sel seharusnya beregenerasi, tubuh tetap terjaga sehingga sel tidak dapat melakukannya.

Saatnya memperbaiki kualitas tidur dan jumlah waktu tidur setiap harinya ya sahabat Bunda, mulailah beristirahat sedini mungkin jika memang tidak ada hal yang penting dilakukan saat tubuh membutuhkan istirahat.

BACA JUGA : Makanan Yang Meningkatkan Kesuburan