Beranda Konsepsi Bisakah Vitamin E Untuk Program Hamil

Bisakah Vitamin E Untuk Program Hamil

Memiliki keturunan adalah dambaan bagi setiap pasangan suami istri, terlebih bagi pasangan yang telah memasuki usia satu tahun pernikahan. Sebelum memahami manfaat vitamin E untuk program kehamilan, sebaiknya sahabat Bunda mengetahui perbedaan Infertil dan Mandul.

Fungsi Vitamin E Untuk Wanita
Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim ahli turki, suplemen vitamin E dapat membantu wanita yang memiliki masalah pada dinding rahim tipis. Dalam pemakaian vitamin E secara teratur ditemukan hasil penebalan dinding rahim pada wanita yang memiliki dinding rahim yang tipis.

Memiliki ketebalan dinding rahim yang ideal memang sangat penting dalam proses penanaman hasil pembuahan di dinding rahim. Penempelan embrio hasil pembuahan harus sempurna dan melekat dengan baik agar dapat berkembang menjadi janin.

Tipisnya dinding rahim dapat menyulitkan penempelan yang sempurna dan membuat embrio sulit berkembang dengan baik.

Selain itu vitamin E akan menjadi antioksidan pada sel reproduksi sehingga menghilangkan radikal bebas yang memicu kerusakan sel pada organ kewanitaan sehingga menyulitkan terjadinya kehamilan.

Selain itu, vitamin E juga mampu bertindak sebagai antikoagulan alami. Antikoagulan akan mengencerkan darah yang membeku di area panggul dan rahim wanita. Dengan begitu, peredaran darah di rahim jadi lancar. Peredaran darah yang lancar bisa memicu peningkatan ketebalan dinding rahim.

Fungsi Vitamin E Untuk Pria

Sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of General Medicine tahun 2011 menguak bahwa kombinasi vitamin E dan mineral bernama selenium mampu meningkatkan kualitas sel sperma laki-laki. Dalam studi ini, para ahli mengamati bahwa pria yang mendapat asupan vitamin E dan selenium memiliki sperma dengan pergerakan (motilitas) dan bentuk yang lebih baik.

Konsumsi vitamin E bersama dengan selenium pada pria memang sangat efektif untuk meningkatkan kesuburan pada pria yang memiliki masalah pada kualitas sperma.

Penggunaan Untuk Program Hamil

Dari penelitian yang membuktikan bahwa vitamin E dapat meningkatkan kesuburan pada wanita dan pria dengan masalah dinding rahim serta kualitas sperma, maka sahabat Bunda dapat menjadikan vitamin E sebagai vitamin yang dikonsumsi.

Penggunaan vitamin E yang baik adalah 400 IU setiap harinya, namun Bunda harus sensitif dengan perubahan yang terjadi. Karena tidak semua wanita cocok dalam penggunaan vitamin E 400 IU.

Bunda juga dapat mengkonsumsi vitamin E dengan dosis rendah di awal pemakaian yakni 100 IU. jika tidak ada masalah Bunda dapat meningkatkan dosis vitamin E.

Pemakaian Vitamin E pada pria dikombinasikan dengan selenium, sedangkan pada wanita dikombinasikan dengan asam folat.

Sahabat Bunda dapat mengkonsumsi sehari sekali secara teratur, namun jika upaya ini tidak berhasil dalam pemakaian 3 bulan, sahabat Bunda dapat melakukan konsultasi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan infertilitas.

BACA JUGA :