Beranda Persalinan Boleh Gak Sih Menggabungkan ASI Perah Dingin Dengan Yang Segar 

Boleh Gak Sih Menggabungkan ASI Perah Dingin Dengan Yang Segar 

Bagi Bunda yang bekerja di luar rumah, menyimpan ASI perah dapat menjadi cara untuk tetap bisa memberi asupan ASI secara penuh kepada bayi. Terdapat hal-hal yang mesti diperhatikan dalam penyimpanan ASI perah agar nutrisinya tidak terkontaminasi. Seperti aturan menggabungkan ASI perah segar dengan ASI yang telah lebih dulu di simpan.

ASI memiliki nutrisi terlengkap sehingga perannya sulit digantikan oleh susu formula. Dalam beberapa kondisi memang Bunda diharuskan untuk menyimpan ASI. Bahkan menyimpan ASI di dalam botol yang telah disterilisasi sekarang ini menjadi solusi bagi Bunda yang tidak bisa menyusui bayi secara langsung. ASI yang disimpan dapat menjadi persediaan untuk si kecil ketika Bunda bekerja nantinya.

Sebenarnya Bunda boleh-boleh saja menggabungkan ASI perah dalam waktu yang berbeda. Akan tetapi, tidak semua ASI dapat langsung dicampurkan ke ASI yang telah diperah sebelumnya. Berikut Hal perlu Bunda ketahui terlebih dahulu.

Batas Waktu Penyimpanan ASI Perah

Selain bersih dan steris penyimpanan ASI juga memiliki tata cara tersendiri agar ASIP tetap layak dan baik diminum, berikut aturan penyimpanan ASIP dalam suhu ruangan dan suhu lemari pendingin :

Tabel Penyimpanan ASI Perah 

Suhu Waktu Penyimpanan
ASI segar yang baru di pompa 
Ruang Hangat 27-32 C 3-4 jam 
Suhu ruang 16-26 C 4-8 jam (ideal 3-4 jam)
Di dalam cooler / ice pack 15 C 24 jam
ASI Di lemari pendingin (disimpan dibagian belakang, jauh dari pintu kulkas)
ASI segar 0-4 C 3-8 hari (ideal 72 jam)
ASIP yang dicairkan 0-4 C 24 jam
ASI Beku ( simpan di bagian belakang, jauh dari pintu kulkas)
Freezer di kulkas 1 pintu bervariasi 2 minggu
Freezer kulkas 2 pintu  >4C 6 bulan
Deep Freezer (freezer khusus) -18C 12 bulan (ideal 6 Bulan)

 

Aman Tidak Menggabungkan ASI Perah Segar Dengan Yang Dingin?

Banyak Bunda yang saat ini sedang berjuang meningkatkan produksi ASI dengan melakukan pemerasan ASI, selain meningkatkan produksi juga sebagai stok ASIP saat Bunda bekerja di luar rumah, lalu boleh tidak menggabungkan ASI perah segar (baru selesai diperah) dengan yang telah diperah sebelumnya?

Boleh, nah jawabannya boleh nih Bunda, asal ASIP yang akan digabungkan disimpan pada suhu ruangan dan sama-sama di perah di hari yang sama (1×24 jam). ASI yang sebelumnya disimpan dalam suhu ruangan, yaitu 25 derajat Celcius, memang aman dicampurkan dengan ASI yang baru diperah. Namun, pastikan ASI tersebut dikumpulkan atau diperah pada hari yang sama.

Lalu boleh tidak langsung menggabungkan ASIP dingin dengan ASIP segar? Tidak boleh. 

Nah, jika Bunda ingin menggabungkan ASI yang telah di lemari pendingin langsung dengan ASIP segar tidak dianjurkan ya Bunda. 

Seperti dilansir Very Well Family, jika Bunda ingin mencampur kedua ASI ini, Bunda perlu mendinginkan terlebih dahulu ASI yang baru diperah di dalam kulkas. Keduanya tetap harus dicampur pada hari yang sama (lakukan proses pencampuran dihari yang sama pula). 

Hal yang sama berlaku ketika menggabungkan ASI perah ke dalam ASI yang telah beku. Mencampurkannya secara langsung justru dapat merusak komposisi nutrisi yang terkandung di dalam ASI perah. Maka terlebih dulu simpan dan dinginkan ASI perah segar dalam botol yang berbeda, kemudian masukkan ke dalam botol ASI yang telah beku.

Kesimpulan 

  1. Bunda boleh menggabungkan ASI perah segar antara payudara kanan dan kiri dalam 1 botol.
  2. Bunda Boleh menggabungkan 1 botol ASIP sebelumnya yang disimpan di suhu ruangan dengan 1 botol ASIP segar menjadi 1 botol bersamaan, dengan ketentuan sama-sama diperah dihari yang sama dan tetap melihat acuan prinsip penyimpanan ASI Perah (lihat tabel penyimpanan ASIP). 
  3. Bunda dapat menggabungkan ASIP dingin dengan ASIP segar menjadi 1 botol, namun Bunda perlu mendinginkan terlebih dahulu ASIP segar, dan gabungkan ASIP yang diperah di hari yang sama. 
  4. Bunda hanya dianjurkan menggabungkan ASIP dengan ASIP lain dengan waktu perah dihari yang sama 1×24 jam
  5. Bunda boleh menggabungkan ASIP beku dengan ASIP segar, namun dinginkan ASIP segar terlebih dahulu lalu gabungkan dengan yang beku, dengan ketentuan diperah dihari yang sama 1×24 jam. Dan gabungkan di hari yang sama.

Tetap lakukan penyimpanan dengan benar ya Bunda, pastikan suhu lemari pendingin stabil dan utamakan prinsip waktu penyimpanan ASIP sesuai ketentuan. 

Baca : Cara Pemberian ASIP