Beranda Anak Bolehkah Anak Diberikan Vitamin Setiap Hari?

Bolehkah Anak Diberikan Vitamin Setiap Hari?

Salah satu menyiasati anak yang sulit makan dan kekhawatiran Bunda jika anak tidak mendapatkan nutrisi yang sempurna adalah dengan memberikan anak multivitamin yang sudah lengkap dan diformulasikan dengan rasa yang enak, sehingga anak suka dan tinggal telan saja. 

Saat ini jenis multivitamin sudah sangat beragam, ada yang berbentuk seperti permen, madu dan cair. Manfaat multivitamin tentu sangat baik untuk anak, selain dapat melengkapi kebutuhan vitamin anak, multivitamin juga berguna untuk mempercepat perkembangan anak. 

Lalu, bolehkah pemberian vitamin pada anak dilakukan setiap hari secara terus menerus?

Pemberian vitamin pada anak sejatinya diperbolehkan untuk anak namun harus disesuaikan dengan kebutuhan si kecil. Misal jika si kecil kekurangan vitamin A maka vitamin A lah yang dikonsumsi oleh si kecil dengan takaran yang sesuai dengan usianya, biasanya takaran dan kebutuhan si kecil diketahui melalui pemeriksaan dokter.

Ketidaktahuan orang tua atas kebutuhan vitamin tambahan dan takarannya membuat vitamin yang dikonsumsi pada anak menjadi berbahaya loh sahabat Bunda. 

Kenapa?

Berbahaya karena jika tubuh menerima vitamin dengan jumlah berlebihan akan menimbulkan efek samping. Salah satu contohnya kelebihan vitamin A yang bisa membuat anak pusing. Rasa pusing yang dirasakan anak terjadi karena adanya tekanan di otak. Hal ini dikarenakan ketidaktahuan orang tua bahwa sebenarnya anak telah cukup mendapatkan vitamin A melalui makanan. 

Pemberian suplemen bisa dikatakan “aman” bila yang diberikan adalah vitamin yang larut dalam air seperti vitamin C dan B, karena jika berlebihan akan dibuang melalui urine. Namun, tidak semua vitamin larut dalam air seperti vitamin A, D, E dan K.

Jika dikonsumsi berlebihan, vitamin yang tidak larut dalam air tersebut akan tersimpan di dalam tubuh, dan itu bisa membahayakan tubuh. Beda halnya dengan vitamin C dan B yang bisa terbuang melalui urine. Tetapi itu pun bisa membebani kerja ginjal si kecil loh Bunda.

Nah, bagaimana baiknya?

Beberapa hasil penelitian memberikan hasil bahwa mengonsumsi vitamin secara teratur setiap hari tidak menimbulkan efek yang berbahaya. Namun penelitian ini banyak dilakukan untuk dewasa, sedangkan anak-anak dengan organ yang masih berkembang sangat membutuhkan pemantauan oleh dokter nih Bunda. 

Vitamin dikatakan “aman” dikonsumsi jika:

  • Sesuai dengan kebutuhan anak, 
  • Takaran/dosis  yang sesuai
  • Dilakukan evaluasi oleh dokter
  • Jika anak sudah tidak membutuhkannya lagi maka vitamin sebaiknya dihentikan dan dilanjutkan dengan pemberian jenis sayur, daging, dan buah yang lebih variatif. 

Jadi jika Bunda mendapati si kecil tidak doyan makan dan ingin memberikan vitamin, jangan lupa konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anak ya Bunda, agar diketahui kebutuhan vitamin apa yang seharusnya dikonsumsi oleh si kecil. Pemberian vitamin boleh setiap hari nih Bunda, namun dengan durasi yang tidak panjang ya Bunda. Oleh sebab itu dibutuhkan evaluasi kembali ke dokter ya Bunda. 

Baca : Maksimalkan tinggi anak dengan kalsium.