Beranda Keluarga Bolehkah Bayi Menggunakan Masker Mulut dan Hidung?

Bolehkah Bayi Menggunakan Masker Mulut dan Hidung?

Mewabahnya virus corona membuat WHO mewajibkan seluruh lapisan masyarakat menggunakan masker sebagai upaya pencegahan tertularnya virus corona. Menteri Kesehatan di Indonesia menyarankan penggunaan masker kain untuk masyarakat umum, dan masker N95 serta masker medis untuk tenaga medis. 

Sebagai warga negara yang baik seharusnya mengikuti anjuran tersebut, karena sangat penting untuk kesehatan diri dan keluarga. Namun saat orang dewasa menggunakan masker, lalu bagaimana jika si kecil terpaksa keluar rumah, bolehkah digunakan masker ?

Masker Untuk Bayi, Boleh atau Tidak?

Dijelaskan Centers for Disease Control and Prevention (CDC), anak di bawah usia dua tahun tidak boleh pakai masker, Bunda. Ini disebabkan adanya risiko mati lemas, karena bayi belum bisa melepas masker jika kesulitan bernapas.

Pada anak-anak usia dibawah dua tahun, memiliki saluran udara yang lebih kecil dibandingkan orang dewasa, sehingga belum dapat bernafas secara efektif menggunakan masker. Dan akan meningkatkan risiko mati lemas. 

Anak- anak dibawah dua tahun juga belum dapat mengontrol untuk membuka masker jika dalam kondisi sulit bernafas. Jadi sebaiknya Bunda tidak memasangkan masker atau menutup mulut dan hidung bayi dengan kain ya Bunda. 

Bunda dapat berupaya untuk mencegah bayi terinfeksi virus corona dengan cara berikut :

  • Tidak membawa bayi keluar rumah terlebih dahulu,
  • Tidak mengajak bayi ke pasar, berkerumun, atau sekedar main ke rumah tetangga,
  • Tidak membiarkan bayi digendong, dipeluk, dan dicium oleh orang lain di luar rumah, atau dengan keluarga yang baru saja dari luar,
  • Lakukan cuci tangan, mandi, dan berganti pakaian terlebih dahulu sebelum bertemu si kecil selepas bepergian,
  • Selalu membersihkan area rumah, mainan si kecil dan benda yang sering digunakan si kecil bermain. 
  • Gunakan AC secara bijak, usahakan ruangan tidak selalu menggunakan AC, karena virus corona dapat berkembang biak dengan cepat di ruangan dingin.

Masker untuk anak-anak diatas 5 tahun

Jika Bunda memiliki anak usia diatas 5 tahun, dan sudah mengerti instruksi ringan dalam pemakaian masker, Bunda dapat memasangkannya masker saat keluar rumah. Anak yang sudah dapat mengerti instruksi ringan dan paham cara membuka masker dan penggunaannya, Bunda diizinkan untuk memasangkannya masker saat ke luar rumah. 

Hal yang perlu diperhatikan saat memberikan masker pada anak :

  • Gunakan masker kain yang mudah dan dapat anak lepas sendiri, jangan gunakan yang diikat karena menyulitkan anak untuk memasang dan melepasnya sendiri.
  • Pastikan anak menggunakan masker yang nyaman, mudah untuk si anak bernafas.
  • Pastikan anak tidak memegang-megang masker bagian luar saat digunakan.
  • Ajari anak cara melepasnya yang benar (tidak memegang di bagian depan masker melainkan pegang area tali), dan segera taru di tempat pakaian kotor.
  • Gunakan masker maksimal 4 jam.
  • Pastikan anak tetap selalu cuci tangan. 

Pemakaian masker memang sebagai upaya untuk penularan virus corona ya Bunda, namun tahukah Bunda, jika penggunaan masker menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman sehingga anak lebih sering memegang area wajahnya, hal tersebut justru membuat anak beresiko menghirup virus tersebut.

Pastikan benar-benar efektif dalam pemakaian masker pada anak ya Bunda, jika sulit memastikannya lebih baik tunda mengajak anak keluar rumah ya Bunda. 

Baca : Cara Pencegahan Penularan Virus Corona Pada Bayi