Beranda Persalinan Bolehkah Ibu Menyusui Mengkonsumsi Durian?

Bolehkah Ibu Menyusui Mengkonsumsi Durian?

Siapa sih yang tidak kenal dengan durian, buah yang memiliki bau yang khas ini menjadi salah satu buah favorit buat beberapa orang. Mungkin salah satu penikmat durian adalah bunda. Apakah bunda tetap memakan buah durian dimasa menyusui? Atau apakah mengkonsumsi buah durian aman di masa menyusui? Atau adakah efek samping? Dari pada berpanjang lebar, yuk bunda simak informasinya dibawah ini.

Sejauh ini, belum ada penelitian yang menyebut bahwa konsumsi durian bisa berbahaya pada ibu hamil. Malahan, buah ini dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin A, zat besi, potasium, protein, hingga kalsium. Namun perlu diingat, buah ini juga memiliki kandungan kolesterol. Maka dari itu, ibu hamil sebenarnya tidak dilarang mengkonsumsi durian selama masih dalam batas wajar atau secukupnya saja. 

Buah  yang Baik Dikonsumsi saat Menyusui 

Mengkonsumsi makanan sehat di masa menyusui adalah hal baik dan dianjurkan untuk bunda yang sedang menyusui. Jika bunda penyuka buah yang satu ini, sah-sah saja untuk mengkonsumsinya. Karena durian memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti vitamin A, zat besi, potasium, protein, hingga kalsium. Namun perlu diingat, buah ini juga memiliki kandungan kolesterol. Tetapi ingat bunda, ada baiknya untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan ya. Ada beragam jenis buah yang lebih disarankan untuk dikonsumsi selama menyusui, yaitu:

  • Jeruk

Bagi bunda yang sedang menyusui disarankan untuk mengkonsumsi buah jeruk. Kandungan vitamin C yang banyak pada buah yang satu ini nyatanya sangat dibutuhkan bunda saat sedang menyusui dan disebut baik untuk pertumbuhan Si Kecil. Nutrisi dari buah jeruk disebut bisa membantu pertumbuhan gigi dan tulang anak, termasuk juga bayi. Asupan vitamin C yang cukup tentunya bisa membantu memenuhi kebutuhan asupan bunda saat menyusui Si kecil.

  • Pepaya Hijau

Salah satu kekhawatiran bunda adalah tidak berlimpahnya jumlah ASI. Namun bunda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi buah pepaya hijau. Pepaya hijau dipercaya bisa membantu melancarkan ASI dan juga meningkatkan jumlahnya. Jika bunda ingin mencoba buah yang satu ini, bunda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau mencampurnya dengan yoghurt atau dengan jenis sayur atau buah lainnya.

  • Strawberry

Salah satu produsen vitamin C yang lainya adalah buah strawberry. Bunda bisa mengkonsumsi buah strawberry setidaknya 120 miligram setiap hari untuk membantu melancarkan ASI. Strawberry juga bisa membantu bunda menghidrasi tubuh, jadi bunda tidak mudah mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan di dalam tubuh.

  • Pisang

 Buah yang kaya potasium ini baik untuk bunda yang dalam masa menyusui. Apakah bunda tahu jika satu buah pisang berukuran sedang terdapat 450 miligram potasium.Untuk memenuhi kebutuhan potasium, bunda bisa memasukkan pisang dalam menu buah harian.

  • Alpukat 

Manfaat sehat buah yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Nyatanya, buah alpukat juga baik untuk dikonsumsi oleh bunda yang sedang menyusui Si kecil. Alpukat sendiri juga bisa membantu bunda memenuhi kebutuhan potasium. Malahan, kandungan potasium dalam alpukat disebut lebih tinggi dibanding pada buah pisang. Selain potasium, buah alpukat juga dikenal banyak mengandung nutrisi sehat lainnya, sehingga disarankan untuk dikonsumsi secara rutin.