Beranda Fakta dan mitos Bolehkah Minum Es Saat Menyusui

Bolehkah Minum Es Saat Menyusui

Mitos atau Fakta – minum es saat menyusui dapat menyebabkan bayi mudah terserang sakit, seperti sakit flu dan mudah meriang, hal ini dikarenakan air es yang dikonsumsi oleh Bunda saat menyusui.

Ternyata pernyataan diatas merupakan mitos yang beredar di masyarakat. Pada faktanya mengkonsumsi air es saat menyusui tidak mempengaruhi pada anak yang sakit flu dan demam. Bahkan mengkonsumsi air es tidak berdampak buruk pada produksi ASI.

Beberapa penelitian menunjukan mengkonsumsi air es dengan jumlah yang tidak berlebihan dapat bermanfaat untuk Bunda. Lalu apa saja manfaat mengkonsumsi air es.

Berikut beberapa manfaat air es jika dikonsumsi saat menyusui (dalam jumlah wajar), diantaranya :

Meredakan rasa sakit pada payudara

Untuk Bunda yang baru pertama kalinya memiliki buah hati dan untuk pertama kalinya menyusui mungkin payudara Bunda akan terasa berat dan terasa nyeri. Jika Bunda memang mengalami hal itu, Bunda dapat mencoba  minum segelas air dingin. Rasa berat dan nyeri pada payudara Bunda akan berangsur-angsur menghilang. Jika Bunda merasakan sakitnya lagi ada baiknya mengkonsumsi air dingin karena terbukti mengatasi rasa nyeri karena menyusui.

Menyuplai ASI

Apa yang Bunda minum akan menjadi pasokan ASI Bunda, jadi jika Bunda mengkonsumsi air dingin itu juga akan menjadi suplai ASI Bunda dan tentunya efek dingin pada es tidak akan sampai pada bayi Bunda. Apapun yang Bunda konsumsi entah itu makanan dingin atau panas akan tetap menjadi ASI yang hangat bagi bayi Bunda.

Jika kondisi panas dan membuat Bunda membutuhkan air yang dingin untuk meringankan hawa panas, tidak ada salahnya Bunda mengkonsumsi air dingin untuk menyejukan.

Bisa mengurangi resiko dehidrasi

Sedikit serupa dengan penjelasan di atas, saat cuaca sangat panas maka Bunda akan menyusui lebih banyak pada bayi. Kemudian ketika Bunda tidak banyak mengkonsumsi cairan maka bisa terkena dehidrasi yang bisa membuat produksi ASI berkurang. Karena itu minum es bisa membantu Bunda mendapatkan cairan yang cukup, walaupun bukan dari air putih. Tapi lebih disarankan untuk minum es dengan rasa yang tawar atau manis alami, seperti es kelapa muda atau es degan.

Semua makanan dan minuman yang dingin akan dikelola tubuh dan keluar menjadi ASI yang hangat untuk si Kecil. Yang terpenting jumlah minuman dingin tidak berlebihan ya Bunda, karena akan membuat Bunda tidak sehat dan kehilangan waktu merawat si Kecil dengan maksimal.

Asupan cairan dan gizi yang baiklah yang akan mempengaruhi pasokan ASI yang diproduksi oleh Bunda. Pastikan jangan sampai Bunda kehilangan gizi seimbang selama masa menyusui.