Beranda Konsepsi Cara Mengentalkan Cairan Sperma / Air Mani

Cara Mengentalkan Cairan Sperma / Air Mani

Sperma sehat adalah salah satu faktor keberhasilan dari pembuahan atau kehamilan. Salah satu tanda sperma sehat adalah memiliki jumlah sekitar 15 juta sperma dalam sekali ejakulasi. 

Sperma yang keluar saat ejakulasi bersamaan dengan air mani dengan jumlah sekitar 2-5 ml setiap ejakulasi, dan air mani yang mengandung banyak sperma memiliki tekstur yang kental dan sedikit lengket. 

Salah satu tanda yang mudah dilihat untuk mengetahui sperma sehat adalah bentuk cairan mani yang kental dan sedikit lengket, namun jika air mani berbentuk cair bukan berarti tidak subur sama sekali. 

Tips Mengentalkan Cairan Sperma / air mani

Untuk yang sedang melakukan program kehamilan dan mendapati bentuk cairan mani yang cair (tidak kental dan lengket), berikut tips untuk mengentalkan cairan mani atau memperbanyak jumlah sperma, diantaranya :

Memperbaiki Pola Makan

Salah satu makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengentalkan sperma, membuat sperma berkualitas, dan jumlahnya banyak adalah zink atau seng. Zat ini banyak terkandung pada biji-bijian yang mengandung protein.

Selain makanan yang mengandung seng, pria tidak disarankan mengonsumsi makanan mengandung banyak lemak. Makanan ini hanya akan menurunkan testosteron yang berperan dalam memproduksi sperma di testis.

Mengatur Jadwal Ejakulasi

Salah satu faktor yang menyebabkan pria mengalami menurun volume dari sperma sehingga terlihat encer adalah sering ejakulasi. Ejakulasi yang terjadi berkali-kali akan membuat air mani yang dihasilkan jadi sedikit. Oleh karena itu ejakulasi berkali-kali seperti onani sangat dilarang. 

Pasangan yang ingin memiliki anak biasanya harus melakukan hubungan intim setiap 2-3 hari sekali. Sperma dan air mani akan maksimal saat ejakulasi sehingga kemungkinan terjadi pembuahan akan besar.

Menurunkan Berat Badan 

Menurunkan berat badan adalah salah satu hal paling efektif yang dapat dilakukan sebagai cara mengentalkan air mani dan meningkatkan jumlah sperma. Penelitian telah menunjukkan bahwa penurunan berat badan dapat secara signifikan meningkatkan volume sperma, konsentrasi, dan mobilitas, serta kesehatan sperma secara keseluruhan.

Perubahan dalam jumlah sperma telah ditemukan paling signifikan pada pria yang memiliki indeks massa tubuh (IMT) yang lebih tinggi, jadi jika mengalami penurunan berat badan, bahkan kehilangan sejumlah kecil berat badan dapat membantu.

Lakukan Gaya Hidup Sehat

Lakukan gaya hidup sehat seperti berolahraga, karena olahraga adalah cara mengentalkan sperma dengan sendirinya. Saat berolahraga, kadar lemak di dalam tubuh akan menurun dengan maksimal. Efeknya tubuh akan mudah menghasilkan sperma dengan maksimal.

Selain berolahraga untuk menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan yang obesitas, pria yang menginginkan sperma yang sehat harus menghindari rokok dan alkohol. Karena rokok dan alkohol terbukti merusak sprema dalam tubuh. 

Gunakan Celana Longgar

Menjaga sperma pada suhu yang memadai dan memungkinkan banyak aliran udara ke skrotum dapat membantu mengolah lingkungan yang tepat untuk sperma yang sehat. Jika tidak merasa nyaman mengenakan celana boxer, pilih celana katun bukan yang sintetis dapat membantu mengentalkan sperma. Celana katun dapat membantu mengontrol aliran dan suhu udara.

Mengkonsumsi Tambahan Vitamin

Setelah melakuakan tips di atas, anda dapat menambahkan suplemen / vitamin yang terbukti secara studi mempengaruhi kualitas sperma, diantaranya vitamin D, C, E, zink dan CoQ10, yang penting untuk kesehatan sperma.

Satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 1.000 mg vitamin C setiap hari dapat membantu konsentrasi dan mobilitas sperma pria dan mengentalkan sperma.

Jumlah sperma secara keseluruhan tidak akan membaik, tetapi sperma dapat menjadi lebih terkonsentrasi dan dapat bergerak lebih efisien. Itu dapat meningkatkan peluang untuk hamil.

BACA : Tanda Sperma Berkualitas!