Beranda Anak Cara Menghindari Kematian Mendadak Pada Bayi < 1 tahun

Cara Menghindari Kematian Mendadak Pada Bayi < 1 tahun

Sindrom kematian mendadak atau dikenal dengan SIDS (sudden infant death syndrome) yang merupakan kematian mendadak, tidak terduga dan tidak dapat dijelaskan terjadi pada bayi di bawah usia 1 tahun yang relatif sehat .

Bunda dapat mengetahui penyebab kematian mendadak melalui link artikel Sindrom Kematian Bayi Mendadak, dimana penyebab klinis akibat kegagalan nafas dan faktor postnatal serta posisi tidur mempengaruhi kematian mendadak.

Bunda juga harus senantiasa memperhatikan dan menjaga betul bayi, karena resiko tinggi kejadian kematian mendadak terjadi pada bayi di bawah 1 tahun. Dan berikut cara menghindari kematian mendadak pada bayi, sebagai berikut:

Posisikan Tidur Bayi Secara Terlentang

Selalu posisikan tidur bayi dengan cara terlentang ketika tidur siang ataupun malam, karena posisi terlentang merupakan posisi paling aman untuk semua bayi termasuk  bayi prematur. Posisikan bayi tengkurap hanya ketika bayi sedang terjaga dan dalam pengawasan orang tua, karena posisi tengkurap dibutuhkan untuk menguatkan otot leher dan otot bahu nya.

Gunakan Permukaan Yang Tidak Terlalu Empuk

Selalu tempatkan bayi dalam permukaan yang tidak terlalu empuk ketika tidur, sebaiknya gunakanlah tempat tidur khusus bayi. Jangan meletakkan bantal, boneka atau selimut secara berlebihan ti dalam tempat tidur bayi.

Room Sharing

Orang tua tidak dianjurkan untuk tidur bersama bayi dalam tempat tidur yang sama, bawalah bayi bersama orang tua ketika hendak tidur dan pastikan bayi memiliki tempat tidur sendiri namun tetap dekat dengan bersama orang tua.

Perhatikan Suhu Ruangan

Suhu juga harus diperhatikan untuk kenyamanan bayi. Berikan bayi pakaian yang cukup dan jangan dibedong secara berlebihan. Disarankan agar suhu ruangan tidak lebih dari 70 derajat fahrenheit

Berikan ASI Eksklusif

Menyusui memiliki manfaat kesehatan bagi ibu dan bayi. Pastikan menempatkan kembali bayi di tempat tidurnya atau boks bayi ketika ibu telah selesai menyusui.

Jauhkan Bayi Dari Asap Rokok

Orangtua tidak diperkenankan merokok di dekat bayi. Keracunan asap nikotin sangat berbahaya bagi kondisi paru -paru dan jantung bayi.

Sindrom kematian mendadak merupakan kasus yang perlu Bunda perhatian, karena penyebab yang sering terjadi akibat kelalaian orang tua dalam pengawasan, jadilah Bunda yang lebih peka dan terus memperhatikan frekuensi (ritme) pernafasan bayi.

1 KOMENTAR