Beranda Konsepsi Cara Meningkatkan Libido Setelah Masa Nifas Selesai

Cara Meningkatkan Libido Setelah Masa Nifas Selesai

Banyak Bunda merasakan menurunnya keinginan berhubungan intim dengan pasangan setelah persalinan, bahkan setelah masa nifas selesai. Hal ini sangat wajar dan pengaruhi oleh banyak sebab. Baca :  Penyebab Kurangnya Keinginan Berhubungan Intim Pada Ibu Pasca Persalinan

Namun terlalu lama tenggelam pada hilangnya libido setelah melahirkan membuat pasangan uring-uringan nih Bunda. Berikut beberapa upaya yang dapat Bunda dan Ayah lakukan untuk meningkatkan kembali libido setelah melahirkan, diantaranya :

Komunikasi Dengan Pasangan

Banyak penyebab mengapa seringkali keinginan seksual hilang pada wanita setelah melahirkan, hal yang paling besar mempengaruhi adalah hormon yang berubah. Hormon menyusui dengan hormon sex saling bertolak belakang. 

Saling berkomunikasi dengan jujur membuat Bunda dan pasangan sama-sama memahami posisi masing-masing, dan sama-sama memecahkan masalah yang membebani terjadinya hubungan intim. 

Istirahat Cukup

Bunda yang merawat sendiri si kecil dirumah pasti akan merasakan lelah yang luar biasa bahkan seringkali merasa bosan dan jenuh bahkan kesal karena sulitnya melakukan kegiatan mandi karena si kecil menangis. Tentu tiba saat sang Ayah merayu Bunda menjadi kesal dan bad mood karena lelahnya seharian.

Bunda dapat mengkomunikasikan dengan pasangan untuk membantu pekerjaan yang bisa dilakukan atau meminta asisten rumah tangga untuk mengerjakan pekerjaan rumah, agar Bunda dapat fokus dengan si kecil dan memiliki banyak waktu untuk istirahat. Karena lelah dan kurangnya istirahat dapat membuat hilangnya libido dengan pasangan nih Bunda.

Menciptakan Suasana Nyaman 

Saat setelah memiliki anak kamar tidak hanya milik berdua nih Bunda, tapi berbagi dengan si kecil dan beberapa peralatan si kecil yang memenuhi isi kamar. Meski si kecil belum dapat melakukan hal apapun, tetap saja kamar terlihat berantakan. 

Bunda dan Ayah dapat membuat kamar menjadi nyaman, dan upayakan si kecil tidur terpisah ranjang ya Bunda, agar saat Ayah dan Bunda membangun keintiman kembali si kecil tidak terganggu tidurnya, dan Bunda tidak terganggu oleh tangisan si kecil yang dapat membuat Bunda hilang rasa kembali.

Menentukan Waktu Yang Tepat

Setelah memahami ritme istirahat si kecil, Bunda dan Ayah dapat mengambil waktu yang tepat untuk memulai keintiman kembali saat si kecil sedang istirahat. Upayakan kenali betul jam istirahat si kecil, agar benar-benar si kecil tidur terlelap dan tidak terbangun.

Menggunakan Kontrasepsi

Beberapa pasangan takut melakukan hubungan intim karena belum siap menerima momongan baru karena si kecil masih kecil. Komunikasikan dengan pasangan untuk menggunakan alat kontrasepsi yang disetujui berdua agar tidak khawatir adanya “kebobolan” nih Bunda.

Berani Untuk Memulai

Sering kali hanya perasaan saja yang membuat Bunda takut untuk melakukan hubungan intim. Patikan kondisi semua aman dan telah siap untuk memulai hubungan kembali, maka lakukan dengan keberanian. Jika tidak dimulai maka sulit rasanya meladeni peningkatan libido kembali selama masa menyusui masih berlangsung. Di coba ya Bunda.