Beranda Anak Cara Perawatan Payudara Untuk Kelancaran Proses Menyusui

Cara Perawatan Payudara Untuk Kelancaran Proses Menyusui

Memberikan ASI pada masa menyusui membutuhkan pengorbanan waktu dan juga tenaga nih sahabat Bunda, ternyata tidak semua proses laktasi berjalan lancar. Selama proses laktasi setiap Ibu menyusui mengalami masalah masing-masing, seperti masalah bentuk puting yang tidak keluar, ASI yang mampet dan produksi yang tidak mencukupi. 

Masalah yang akan dialami dalam proses laktasi dapat Bunda minimalisir dengan melakukan proses perawatan payudara selama kehamilan, dan selama proses laktasi berlangsung. Terutama saat proses laktasi 6 bulan pertama agar produksi ASI dapat mencukupi kebutuhan si kecil. 

STEP 1 : Membersihkan Payudara

Tahap awal melakukan perawatan payudara adalah melakukan pembersihan terhadap payudara hingga ke puting. Membersihkan bukan sekedar dicuci dengan sabun saja nih Bunda, ternyata dalam proses kita mandi terdapat sabun yang menempel di pori-pori puting dan tertumpuk sehingga menutup saluran ASI. 

Cara membersihkannya adalah siapkan air bersih, sabun dan cotton bud atau kapas. Basahkan payudara dengan air bersih dan bersihkan dengan sabun berlahan, bilas sabun sampai bersih. Di area puting bersihkan dengan cotton bud atau kapas sampai bersih. Biasanya di area puting lebih banyak kotoran (daki/sisa sabun yang menempel). 

Area puting : membersihkan area puting agar benar-benar bersih sebaiknya siapkan kapas yang sudah dibasahi oleh air, tempel kapas tersebut di area puting diamkan sejenak lalu putar kapas agar kotoran terangkat, jika puting masuk / datar bersihkan area dalam puting dengan cotton bud yang sudah dibasahi pula. Lakukan berulang sampai puting bersih. 

STEP 2 : Massage Payudara

Setelah payudara dan puting bersih saatnya melakukan massage payudara, jika membersihkan puting dapat membuka pori-pori yang tersumbat maka massage payudara dapat membuat produksi ASI lebih lancar dan banyak. 

Siapkan baby oil atau minyak kelapa untuk memijat payudara, proses ini dapat Bunda lakukan sendiri atau meminta bantuan orang lain / pasangan untuk melakukannya. 

Cara memijat  :

  1. Sambil berdiri/ duduk di hadapan cermin, angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri dan tahan bagian atas payudara dengan tangan kanan.
  2. Letakkan empat jari dari tangan tangan kanan pada bagian atas salah satu payudara, dan empat jari pada tangan kiri di bagian bawahnya.
  3. Gerakkan kedua tangan maju mundur dengan lembut alias secara melingkar. Jika tangan kanan bergerak ke arah kiri, tangan kiri akan bergerak ke kanan. 
  4. Pindahkan kedua tangan Anda ke bagian sisi pinggir payudara, dan gerakkan secara melingkar seperti yang sebelumnya dilakukan. Jika perlu, beri tekanan pada payudara secara perlahan.
  5. Coba gunakan juga ujung jari-jari Anda untuk memijat dan memberikan sedikit tekanan pada payudara.
  6. Ulangi gerakan ini sampai sekitar 20 kali, kemudian ganti ke bagian payudara yang lainnya.
  7. Masih berada di posisi yang sama, angkat satu sisi payudara dengan tangan kiri. Gunakan tiga atau empat jemari tangan kanan Anda, lalu buat gerakan melingkar di atas puting susu sebanyak 20 kali.
  8. Lakukan langkah ini sembari jari-jari Anda memberikan tekanan lembut pada payudara. Rasakan seperti sedang mendorong ASI mengarah ke puting susu, agar bisa dengan lancar keluar.
  9. Masih dengan kedua jari-jari tangan Anda, urut payudara perlahan-lahan dari bagian luar (di samping payudara. Tepatnya di bagian bawah ketiak dan belahan dada, kemudian menuju ke arah puting payudara.
  10. Ulangi langkah tersebut sebanyak 10 kali dan ganti ke sisi payudara yang lain.
  11. Dengan ujung ibu jari dan telunjuk, puntir pelan-pelan puting susu pada masing-masing payudara.

STEP 3 : Kompres Payudara

Setelah membersihkan dan dipijat, saatnya mengompres payudara agar aliran ASI menjadi lancar. Kompres payudara memerlukan dua handuk dan air hangat. Celupkan dua handuk bersih kedalam air hangat, peras air agar tidak basah. Lalu letakkan di kedua sisi payudara. Lalu biarkan sejenak sampai rasa hangat di handuk menghilang. Ulangi terus sampai kurang lebih 3-5 menit pengompresan. 

Jika terjadi pembengkakan pada payudara akibat penumpukan ASI di payudara Bunda dapat melakukan tiga step diatas sebagai upaya melancarkan kembali aliran ASI dan menghilangkan sumbatan. Saat terjadi sumbatan dan membuat bengkak, proses di step 3 ( kompres payudara ) dilakukan lebih lama dan sedikit diberikan pijatan lembut. Karena proses ini dapat membantu menghilangkan sumbatan pada payudara.