Beranda Fakta dan mitos Fakta Dan Mitos Mengenai Air Kelapa Pada Ibu Hamil

Fakta Dan Mitos Mengenai Air Kelapa Pada Ibu Hamil

Banyak anjuran yang beredar di masyarakat mengenai minum air kelapa saat hamil karena akan membuat bayi putih dan memiliki rambut yang tebal. Apakah hal tersebut benar?

Berikut fakta dan mitos mengenai air kelapa untuk Ibu hamil yang dapat Bunda ketahui kebenaranya, diantaranya:

Fakta atau mitos 1 : Minum Air Kelapa Saat Hamil Bikin Rambut Bayi Tebal

Mitos: faktanya tebal atau tidaknya rambut bayi ditentukan oleh faktor genetik, nih Bunda. Jadi, tidak ada hubungannya banyak minum air kelapa saat hamil bisa bikin rambut si kecil nantinya tebal bahkan kuat. Mengutip dari dokter anak, dr. Margaretha Komalasari SpA yang akrab disapa dr Atha, selain genetik, faktor lingkungan juga turut mempengaruhi tebal tidaknya rambut si kecil kelak. Asupan gizi yang baik untuk pertumbuhan anak, termasuk pertumbuhan rambutnya.

Fakta atau mitos 2 : Air Kelapa Cairan Terbaik untuk Menghidrasi Tubuh Ibu Hamil

Fakta: benar adanya, air kelapa mengandung banyak elektrolit dan punya berbagai manfaat kesehatan termasuk buat ibu hamil. Tapi, bukan berarti saat hamil kita hanya perlu memenuhi kebutuhan cairan lewat minum air kelapa saja ya Bunda. Pastinya akan lebih baik ketika kita memenuhi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih dan dibantu air kelapa saat tubuh merasa sangat letih.

Fakta atau mitos 3 : Minum Air Kelapa Saat Hamil Bisa Picu Naiknya Asam Lambung

Mitos: faktanya adalah, air kelapa tidak menyebabkan naiknya asam lambung selama kehamilan. Keluhan seperti heartburn yang bisa muncul karena naiknya asam lambung bisa terjadi karena membesarnya perut yang berpengaruh pada sistem pencernaan. Seiring membesarnya perut, rahim menekan usus sehingga bisa menghambat proses pencernaan.

Fakta atau mitos 4 :  Ibu Hamil Minum Air Kelapa, Kulit Bayi Bisa Lebih Mulus

Mitos: faktanya, serupa dengan masalah rambut bayi yang disebut bakal lebih tebal kalau ibu hamil rajin minum air kelapa saat hamil. Belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan rajin minum air kelapa ketika hamil bisa bikin kulit bayi mulus dan bersih. Kondisi kulit bayi ketika lahir dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti genetik, nutrisi yang diasup Bunda selama hamil dan kondisi kesehatan orang tua.

Fakta atau mitos 5: Air Kelapa Mengandung Seluruh Nutrisi yang Dibutuhkan Ibu Hamil

Mitos: faktanya, tidak ada satu jenis makanan yang mengandung lengkap kebutuhan tubuh saat hamil. Jika Bunda suka mengkonsumsi air kelapa saat hamil, tidak ada larangan dan hal tersebut baik. Namun Bunda juga perlu melengkapi dengan makanan yang sehat dan vitamin tambahan yang mengandung kalsium, asam folat, DHA, dan vitamin lain untuk tumbuh kembang janin secara maksimal.