Beranda Persalinan Fungsi Vernix (Lemak Putih) Pada Kulit Bayi Baru Lahir

Fungsi Vernix (Lemak Putih) Pada Kulit Bayi Baru Lahir

Vernix Caseosaadalah  lapisan putih krem yang berkembang pada kulit bayi yang belum lahir pada sekitar 20 minggu usia kehamilan.

Fungsi Vernix Di Dalam Rahim

Pada janin dalam kandungan vernix atau vernix caseosa berfungsi sebagai pelindung kulitnya agar tidak mengkerut karena selama didalam kandungan bayi hidup dengan perlindungan cairan amnion selama 40 hari. Nah itulah sebabnya mengapa bagi kulitnya tetap bagus meski berendam dengan air selama didalam kandungan. Coba bayangkan jika tidak terlindungi dengan lemak putih ini (vernix) pasti kulit bayi akan keriput seperti tangan kita yang sedang main air ya Bunda.

Fungsi Vernix Sebagai Pelumas

Selain melindungi bayi saat di dalam kandungan, lapisan lemak putih ini berfungsi sebagai pelumas saat bayi melewati jalan lahir yang berkelok-kelok. Selain melindungi bayi, vernix juga akan berfungsi sebagai pelindung vagina agar tidak terkena infeksi selama proses persalinan.

Fungsi Sebagai Pelindung Bayi Setelah Lahir

Setelah melindungi bayi didalam kandungan, dan memudahkan bayi keluar. Fungsi vernix berlanjut setelah bayi lahir. Vernix memiliki kandungan antioksidan, anti infeksi, serta anti peradangan. Nah, kandungan tersebut yang akan melindungi bayi setelah lahir, lemak putih ini akan melindungi bayi dari infeksi dan peradangan akibat proses persalinan.

Fungsi Penghangat

Vernix akan tetap melekat di kulit bayi selama kurang lebih 2 minggu setelah dilahirkan, hal ini karena lemak putih ini akan berfungsi sebagai penghangat bayi baru lahir. Perbedaan suhu yang dialami bayi saat di kandungan dan di luar kandungan membuat bayi harus beradaptasi. Oleh sebab itu biasanya lemak putih ini akan mengelupas berlahan, karena akan membantu bayi beradaptasi terhadap udara di luar kandungan.

Jadi jika lemak putih masih belum bersih dan mengelupas berlahan Bunda jangan khawatir, karena manfaat untuk bayi sangat banyak. Dan bukan sebuah kelainan kulit ya Bunda.

Fungsi Pelembab

Selain untuk menghangatkan bayi, lemak putih ini juga akan membantu melembabkan kulit bayi. Udara panas di luar kandungan akan berpotensi membuat kulit bayi kering dan pecah-pecah, oleh sebab itu vernix akan membantu agar tidak mudah kering dan pecah.

Jika vernix sudah mulai menghilang sebaiknya Bunda bantu memberikan pelembab pada kulit bayi agar tidak mudah iritasi dan peradangan akibat kulit kering.