Beranda Kehamilan Hindari Makanan Berikut Saat Bunda Hamil

Hindari Makanan Berikut Saat Bunda Hamil

Saat hamil banyak hal yang tidak terduga sebelumnya muncul, salah satunya mengidam makanan tertentu. Merasakan makanan yang tadinya enak menjadi tidak enak, makanan yang dulu tidak disukai menjadi makanan yang diidamkan.

Hal tersebut sangat normal terjadi pada Bunda yang saat ini sedang hamil, terutama pada trimester pertama. Namun tahukah Bunda bahwa ada sumber-sumber makanan yang tidak dapat Bunda makan saat  hamil, diantaranya :

Daging dan Ikan

Bunda perlu berhati-hati pada beberapa olahan daging dan ikan. Untuk daging, pastikan sudah dimasak dengan matang sempurna. Jika warna merah mudah pada daging masih terlihat, perlu diwaspadai karena kemungkinan terkandung bakteri dan toxoplasma yang bisa mengakibatkan infeksi.

Kewaspadaan juga berlaku pada sosis atau olahan daging serupa karena adanya bakteri Listeria di dalamnya. Bakteri ini juga terdapat pada ikan asap, seperti salmon atau tuna asap yang disimpan dalam pendingin.

Jika Bunda tetap ingin memakannya, maka perlu dipanaskan dengan api kecil terlebih dahulu. Hal ini akan mampu membunuh bakteri Listeria dan membuat ikan dan daging menjadi aman dikonsumsi.

Sushi Mentah

Beberapa jenis sushi disajikan dengan bahan mentah seperti ikan yang bahkan tidak dibekukan atau melalui proses khusus agar aman dimakan. Hal ini memungkinkan sushi tersebut mengandung parasit yang bisa mengakibatkan suatu penyakit muncul, bahkan pada ibu hamil. Karenanya, penting untuk konsumsi makanan laut ataupun daging yang matang sempurna untuk menghindari hal tersebut.

Saus Caesar Salad

Membuat salad tentu belum lengkap tanpa saus seperti saus Caesar atau mayonnaise. Tapi kandungan telur di dalam saus ini akan berbahaya saat Anda mencoba membuatnya sendiri. Untuk itu, pilih saus yang sudah melalui proses pematangan terlebih dahulu atau saus lain yang tidak mengandung telur di dalamnya.

Ikan Tinggi Merkuri

Konsumsi ikan memang baik, terutama saat masa kehamilan. Tetapi bukan berarti setiap ikan bisa dikonsumsi dengan bebas ya Bunda. Jenis ikan seperti swordfish, tile-fish, king mackerel, bahkan ikan hiu wajib dihindari oleh Bunda yang sedang hamil. Maka sebagai pilihan, ikan salmon, tuna, dan cod bisa dikonsumsi, tentu dalam kondisi yang sudah matang.

Buah dan Sayur Segar

Makan sayur dan buah segar memang menyehatkan, tapi pastikan menu ini sudah dibersihkan terlebih dahulu. Cuci buah dan sayur di bawah air mengalir dan usap dengan perlahan untuk menghilangkan kandungan buruk di permukaannya. Hindari juga konsumsi buah dan sayur yang sudah sedikit terbuka, karena kemungkinan besar terdapat parasit atau bakteri jahat lainnya.

Kecambah Mentah

Kumpulan jenis kecambah seperti touge, kacang hijau, dan lobak banyak memiliki kandungan bakteri, terutama di biji mereka. Untuk itu, hindari konsumsi kecambah mentah baik di rumah maupun saat makan di restoran lainnya.

Kerang Mentah

Moms boleh kok makan kerang yang sudah dimasak dengan baik, tapi tidak dengan kerang mentah. Menu mentah ini meningkatkan risiko kandungan bakteri, virus, racun, dan hal buruk lainnya. Sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat sedang mengandung.

Telur Mentah

Telur mentah dalam bentuk apapun – di dalam adonan, saus, dimasak sebagai eggnog atau jenis lainnya dapat menyebabkan infeksi karena adanya salmonella. Tapi Anda bisa menikmati makanan sehat ini jika dimasak hingga matang, Moms.

Alkohol

Alkohol sebenarnya bukan pilihan yang baik dikonsumsi selama kehamilan. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan beberapa komplikasi kesehatan dan kelahiran, seperti keguguran, kelahiran prematur, berat lahir rendah, dll. Konsumsi alkohol selama kehamilan juga diketahui menyebabkan Sindrom Alkohol Janin sehingga anak bisa lahir dalam kondisi cacat nantinya.

Keju Lembut

Mengonsumsi keju lembut dapat memberi efek buruk bagi ibu hamil. Kemungkinan di dalam keju tersebut mengandung bakteri penyebab infeksi yang disebut listeria. Lebih baik jangan memakan varian keju seperti gorgonzola, keju biru Denmark, brie, keju susu kambing, Camembert, Roquefort, dll.

Lebih baik, makan keju keras yang sudah melalui proses pasteurisasi (mematikan organisme merugikan seperti bakteri). Konsumsi keju parmesan dan cheddar bisa menjadi pilihan yang bisa dimakan saat hamil.

Kafein Yang Berlebih

Konsumsi minuman berkafein menjadi hal penting untuk banyak orang. Baik teh, kopi, coklat, soda, dan minuman dingin lainnya sering diminum untuk sekedar relaksasi sesaat. Tapi untuk Bunda yang sedang hamil, sebaiknya hindari mengkonsumsi kafein berlebihan ya. Ingat, takaran maksimal yang bisa dinikmati ibu saat mengandung hanya 200 gram per hari.

Adonan Mentah

Saat ingin membuat kue atau roti, Bunda terkadang mencicipinya untuk memastikan bahwa rasanya enak. Ternyata, hal ini pun tidak boleh dilakukan karena adonan tersebut pasti menggunakan telur. Jika adonan mentah ini dicicipi sesedikit apapun, bakteri salmonella bisa masuk ke dalam tubuh.

Salmonella sendiri bisa menjadi sumber berbagai penyakit untuk Bunda dan bayi di dalam kandungan. Untuk itu, hindari mencicipi adonan mentah selama kehamilan menjadi keputusan terbaik.

Dari semua jenis makanan yang Bunda makan yang terpenting harus benar-benar matang agar terhindar dari bakteri yang dapat membahayakan perkembangan janin ya Bunda. Pastikan Bunda dapat memilih sumber makanan yang segar dan diolah sendiri di rumah agar lebih bersih dan matang sempurna.