Beranda Kehamilan Ibu Hamil Bolehkah Mengkonsumsi Sushi?

Ibu Hamil Bolehkah Mengkonsumsi Sushi?

Di Masa kehamilan, bunda perlu mendapatkan nutrisi dan juga gizi yang baik. Bukan hanya untuk bunda, tetapi juga untuk Si kecil dalam perut bunda. Salah satu nutrisi baik, yang bisa bunda peroleh dari ikan, apalagi bunda menyukai makanan jepang yaitu sushi.

Etss, tunggu dulu bunda. Tidak semua jenis sushi yang ada bisa bunda konsumsi loh. Ada beberapa jenis sushi yang yang dilarang untuk bunda konsumsi di masa kehamilan. Apa saja itu?. Yuk simak ulasanya berikut ini!

Jenis Sushi yang Dilarang selama Kehamilan

Salah satu jenis sushi yang tidak bisa bunda konsumsi adalah sushi yang disajikan mentah ataupun disajikan dengan setengah matang. Apakah bunda tahu, jika bunda memakan sushi yang disajikan mentah dan setengah matang dapat membuat Si kecil terpapar merkuri, bakteri, dan parasit berbahaya lainnya. 

Pasalnya, selama kehamilan, terjadi perubahan sistem kekebalan tubuh. Perempuan hamil lebih rentah untuk terpapar infeksi. Sehingga dapat meningkatan resiko keguguran, lahir mati, infeksi rahim, dan persalinan prematur. Terlebih lagi, bayi sangat rentan dengan paparan merkuri sehingga, bisa menyebabkan masalah neurologis. Dimana senyawa methylmercury memiliki efek toksik pada sistem saraf selama perkembangan bayi dalam kandungan. 

Bukan hanya ikan yang kurang matang atau mentah, bisa meningkatkan resiko terpaparnya bakteri dan parasit tertentu. Tetapi makanan mentah dan kurang matang lainya bisa meningkatkan resiko penyakit listeriosis, yaitu penyakit akibat infeksi bakteri listeria. Penyakit ini merupakan jenis keracunan makanan yang dapat menimbulkan resiko kesehatan yang serius pada bunda dan Si kecil.

Listeriosis bisa membuat bunda muntah dan diare, akan tetapi lebih parahnya juga bisa menyebabkan persalinan prematur, lahir mati, serta keguguran. Bahkan jika Si kecil terlahir dengan listeriosis, kemungkinan bayi bunda memiliki masalah ginjal dan jantung, dan infeksi pada darah atau otak. 

Waktu Tepat Berhenti Makan Sushi Mentah atau Setengah Matang

Bagi bunda yang sedang merencanakan kehamilan, atau bunda menyadari bahwa bunda sedang mengandung, sebaiknya bunda menghentikan konsumsi sushi yang tidak matang atau setengah matang selama sembilan bulan kehamilan. 

Karena, selama trimester pertama di minggu pertama hingga minggu kedelapan, terjadi perkembangan signifikan pada otak dan sumsum tulang belakang yang mulai terbentuk. Pada saat ini juga, terbentuk jaringan yang membentuk jantung mulai berdetak, lalu mata, telinga, dan hidung yang juga mulai terkembang. Semua organ utama Si kecil akan berkembang dan berfungsi di akhir trimester pertama. 

Dalam 12 minggu pertama, janin paling rentan terhadap kerusakan dan juga bahaya akibat paparan zat beracun. Jadi selama kehamilan bunda perlu berhati-hati dengan apa yang bunda makan dan minum, jika bunda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya pada dokter kandungan bunda tentang panduan makan yang baik agar lebih aman selama masa kehamilan.