Beranda Persalinan Ibu Menyusui Eksklusif Ingin Puasa, Lakukan 6 Tips Ini

Ibu Menyusui Eksklusif Ingin Puasa, Lakukan 6 Tips Ini

Memasuki bulan Ramadhan, artinya seluruh umat muslim diseluruh dunia akan melakukan puasa yang bersifat wajib. Walau begitu, tetap saja ada beberapa pengecualian di beberapa kondisi yang tidak diwajibkan untuk berpuasa, contohnya bagi bunda yang sedang di masa menyusui.

Tapi jika bunda tetap kokoh untuk berpuasa di bulan Ramadhan, baiknya bunda simak beberapa hal berikut ini.

Pertimbangkan Usia Si Kecil

Bagi bunda yang tengah dalam fase menyusui, bunda diperbolehkan untuk tidak berpuasa, jika kesehatan bunda atau Si kecil sedang kurang baik. Bunda bisa mengganti puasa yang terlewat di kemudian hari atau membayar zakat. 

Tapi sebelum bunda memutuskan akan berpuasa atau tidak, bunda bisa bertanya dengan dokter tentang keamanannya jika bunda masih memiliki keraguan, apalagi jika Si kecil masih terlalu kecil. Kebanyakan dokter menyarankan para busui, yang ingin berpuasa saat sang anak telah menginjak usia enam bulan.

Alasanya, karena bayi yang sudah menginjak enam bulan, umumnya sudah bisa mengkonsumsi makanan lain selain ASI. Dan bagi Si kecil yang dibawah enam bulan, masih bergantung pada ASI, jadi bunda disarankan untuk tidak berpuasa. 

Bagi bunda yang memilih berpuasa bunda bisa ikuti tips berikut:

Tetap Terhidrasi

Hal yang paling umum dirasakan saat berpuasa adalah haus karena kekurangan cairan. Nah, buat bunda yang berpuasa di masa menyusui, baiknya bunda memiliki pola minum yang benar. Contohnya, bunda bisa minum air mineral minimal dua liter saat berbuka sampai sahur.

Atau, bunda bisa terapkan pola minum 2-4-2, maksudnya dua gelas saat berbuka, empat gelas saat malam hari dan dua gelas saat sahur. Selain itu , untuk menambah nutrisi dan energi, bunda bisa menghidrasi tubuh dengan meminum jus buah, susu, dan juga teh hangat. 

Pilih Makanan yang Melancarkan ASI

Bunda bisa memilih makanan yang melancarkan ASI seperti sayuran, buah-buahan, biji-bijian, protein, dan sedikit lemak. Selain itu, bawang putih, bawang, dan mint membuat rasa ASI menjadi berbeda, sehingga bayi bisa menyusu lebih banyak sehingga produksi ASI juga meningkat. Jadi, sebaiknya tetap penuhi nutrisi dan gizi dalam asupan makanan apabila ingin ASI tetap lancar saat berpuasa.

Pompa ASI Secara Maksimal di Malam Hari

Jika bunda khawatir pasokan ASI berkurang saat berpuasa, buna bisa memompa ASI di malam hari semaksimal mungkin. Stok pompa ASI ini, bisa bunda gunakan di siang hari saat pasokan ASI berkurang.

Cukup Istirahat

Hal lain yang tak kalah penting adalah istirahat yang cukup. Pasalnya, tubuh bunda yang lelah bisa mempengaruhi produksi ASI. Pastikan bunda mendapatkan istirahat yang cukup agar kesehatan psikis dan fisik tetap terjaga, sehingga produksi ASI tetap lancar. 

Bunda jangan terlalu memaksakan diri ya jika bunda tidak sanggup berpuasa. Sekali lagi jika bunda memiliki keraguan berpuasa saat menyusui, bunda bisa bertanya ke dokter untuk mendapatkan jawaban.