Beranda Kehamilan Jumlah Zat Besi Yang Diperlukan Saat Hamil

Jumlah Zat Besi Yang Diperlukan Saat Hamil

Zat besi sangat dibutuhkan saat Bunda sedang hamil, karena zat besi sangat berpengaruh untuk perkembangan janin selama dalam kehamilan. Kekurangan zat besi selama hamil dapat menyebabkan anemia saat kehamilan. 

Saat Bunda hamil yang mengalami anemia pasti sulit berkonsentrasi bahkan bisa menyebabkan penurunan kesadaran atau pingsan. Anemia juga membahayakan perkembangan janin di dalam kandungan.

Dampak kelebihan zat besi saat kehamilan

Kekurangan zat besi saat hamil dapat menyebabkan anemia, namun saat kelebihan juga memiliki dampak untuk Bunda nih. Salah satu dampak kelebihan zat besi adalah Bunda akan merasakan mual, muntah, sakit kepala dan sembelit. 

Maka sangat penting mengetahui takaran zat besi untuk kondisi Bunda yang sehat dan janin yang tumbuh dengan baik. 

Takaran zat besi untuk Ibu hamil

Menurut Wirakusumah (1999), kebutuhan zat besi ibu hamil pada kehamilan trimester pertama naik dari 0,8 mg perhari, menjadi 6,3 mg perhari pada kehamilan trimester ketiga.

Kebutuhan akan zat besi sangat mencolok kenaikannya, dengan demikian kebutuhan zat besi pada trimester kedua dan ketiga tidak dapat dipenuhi dari makanan saja, walaupun makanan yang dimakan cukup baik kualitasnya dan bioavaibilitasnya.

Zat besi juga harus disuplai dari sumber lain supaya bisa menutupi kebutuhan ibu hamil. Rata-rata kebutuhan zat besi pada waktu hamil berdasarkan usia kehamilan adalah sebagai berikut:

Trimester I: Kebutuhan zat besi ± 1 mg perhari, (kehilangan basal 0,8 mg perhari) ditambah 30 – 40 mg untuk kebutuhan janin dan sel darah merah.

Trimester II: Kebutuhan zat besi ± 5 mg perhari, (kehilangan basal 0,8 mg perhari) ditambah kebutuhan sel darah merah 300 mg dan conceptus 115 mg.

Trimester III: Kebutuhan zat besi ± 5 mg perhari, (kehilangan basal 0,8 mg perhari) ditambah kebutuhan sel darah merah 150 mg dan conceptus 223 mg.

Ketahui takaran zat besi untuk ibu hamil itu penting. Bunda, jangan lupa perhatikan menu sehari-harinya ya. Jika masih merasa ragu, segera konsultasikan ke dokter kandungan ya Bunda. Dan pastikan Bunda mengkonsumsi vitamin yang mengandung zat besi sesuai takaran yang ditentukan oleh dokter dan jangan terlewat tiap harinya ya Bunda.