Beranda Persalinan Kesalahan Ibu Hamil Yang Membuat Proses Persalinan Sulit

Kesalahan Ibu Hamil Yang Membuat Proses Persalinan Sulit

Bunda yang saat ini sedang menunggu waktu untuk menyambut proses persalinan, sebaiknya hindari hal berikut agar persalinan lebih mudah.

Banyak hal yang mendukung proses persalinan menjadi sulit, diantaranya kesalahan yang tidak disadari Bunda nih :

Tidak Istirahat

Melahirkan bayi adalah salah satu situasi terberat yang dihadapi wanita. Itu mengapa pentingnya istirahat atau tidur sebelum persalinan dimulai. Beberapa bumil yang berpengalaman tahu bahwa mereka harus tidur sebelum persalinan.

Tidur tidak hanya sekedar relaksasi yang membuat bumil bisa istirahat, tetapi dia juga membantu bayi rileks saat kontraksi dini mulai terasa. 

Datang Ke Rumah Sakit Terlalu Dini

Ketika kontraksi dimulai, calon ibu dan tenaga medis dapat menentukan apakah dia harus pergi ke rumah sakit, atau menghabiskan tahap awal persalinan di rumah. Terlalu cepat ke rumah sakit, saat belum waktunya untuk melahirkan, membuat bumil terlalu lama menunggu.

Padahal, jika lebih dulu menghabiskan waktu di rumah, bumil bisa lebih santai dan menikmati suasana rumah, yang tentunya berbeda dengan rumah sakit.

Terlalu Banyak Berbaring

Saat Bunda merasakan kontraksi ringan, Bunda hanya pasrah dan takut lalu hanya berbaring di tempat tidur. Sebaiknya saat Bunda merasakan kontraksi ringan harus bersemangat berjalan – jalan santai agar kontraksi semakin meningkat dan janin semakin turun.

Bunda dapat jalan-jalan ringan lalu beristirahat kembali, upayakan saat berbaring lakukan baring kiri karena baring kiri akan membuat bayi semakin mudah mendekat ke jalan lahir.

Tidak Makan dan Minum

Tidak boleh makan atau minum apa pun saat persalinan adalah mitos. Sebaliknya, makan boleh saja setelah kontraksi dimulai. Kalau melahirkan dengan perut kosong, sebenarnya bisa memperpanjang proses persalinan.

Namun, jika tidak berminat untuk makan selama persalinan, tidak masalah, Bunda tidak harus makan. Tetapi secara umum, tidak ada alasan untuk menghindari makan dan minum pada tahap awal persalinan.

Ada lebih baiknya saat Bunda tidak dapat makan dapat nyemil atau minum air yang manis untuk meningkatkan tenaga, karena minuman manis akan diubah menjadi energi pada tubuh.

Mencoba Banyak Posisi

Bunda yang mulai panik dan sakit luar biasa karena kontraksi akan merasa tidak nyaman dan kesakitan, lalu selalu merubah posisinya kekanan, kekiri, duduk, jongkok, dan berdiri.

Semakin sering Bunda merubah-rubah posisi bahkan dalam waktu yang sikat akan membuat Bunda semakin tidak nyaman dan khawatir. Bahkan jika terus menerus akan membuat Bunda kehilangan tenaga. 

Sebaiknya lebih tenang pada posisi yang nyaman dan sering melakukan nafas panjang untuk menghilangkan sakitnya kontraksi.