Beranda Persalinan Ketahui Manfaat Telur Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Ketahui Manfaat Telur Untuk Ibu Hamil Dan Menyusui

Siapa sih yang tidak mengetahui sumber protein yang satu ini, yaitu telur. Berbagai cara bunda bisa kreasikan telur untuk dikonsumsi. Tapi, telur dapat memicu reaksi pada tubuh, hal ini dikenal dengan alergi telur. Lalu benar tidak sih bunda yang sedang hamil dan menyusui perlu menghindari konsumsi telur?. Tak perlu bertanya lagi, bunda bisa simak pembahasanya di bawah ini.

Manfaat Telur bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Saat menjalani kehamilan atau menyusui, tentunya ibu disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan sehat. Hal ini akan berdampak pada perkembangan bayi dalam kandungan maupun pemenuhan gizi serta nutrisi baik melalui ASI. Ada berbagai makanan sehat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui, salah satunya adalah telur.

Nyatanya ibu hamil dan menyusui tidak perlu membatasi apalagi menghindari pengkonsumsian telur. Hal ini disebabkan telur banyak memberikan manfaat baik bagi kesehatan ibu maupun perkembangan bayi dalam kandungan. Untuk itu, tidak ada salahnya ketahui manfaat telur bagi ibu hamil dan menyusui, di sini!

Sebenarnya bunda yang tengah hamil atau menyusui, tidak perlu menghindari sumber protein yang satu ini. Nyatanya telur dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan bayi didalam kandungan buda, agar berjalan dengan optimal. Protein sendiri memiliki kandungan asam amino yang baik bagi perkembangan otak Si kecil didalam kandungan dan untuk bunda yang menyusui, protein dibutuhkan untuk memenuhi asupan nutrisi, baik untuk bunda maupun Si kecil. Namun bunda harus pastikan, mengkonsumsi telur yang sudah matang ya.

Bagi bunda yang tengah menyusui tidak memiliki pantangan untuk menghindari makanan yang dapat memicu alergi, seperti telur yang tidak tidak akan berdampak pada Si kecil, akan tetapi bunda tetap harus menghindari telur, jika bunda memiliki alergi terhadap telur. 

Bagi bunda yang menyusui, mengkonsumsi telur dapat memenuhi asupan vitamin D. Karena vitamin D sangat diperlukan bunda yang tengah hamil dan menyusui, vitamin D dapat menjaga kesehatan tulang, meningkatkan imunitas tubuh, hingga membantu perkembangan bayi dalam kandungan bagi.

Makanan Sehat bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Bukan hanya telur, bunda juga perlu memenuhi asupan nutrisi dan gizi yang baik. Ada banyak makanan sehat yang bisa bunda konsumsi selama masa menyusui, berikut daftarnya untuk bunda:

  • Daging tanpa lemak;
  • Ikan;
  • Produk susu;
  • Kacang-kacangan;
  • Buah;
  • Sayur;

Sekian daftar makanan sehat bagi bunda yang sedang menyusui, tapi pastikan bunda juga tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih ya.