Beranda Konsepsi Konsumsi Minyak Kelapa Alami Untuk Program Hamil

Konsumsi Minyak Kelapa Alami Untuk Program Hamil

Minyak kelapa adalah minyak yang terbuat dari bahan baku berupa kelapa segar, yang kemudian diambil minyak alaminya. Minyak alami ini kemudian akan diproses dengan pemanasan yang suhunya terkendali. Untuk membuat minyak kelapa murni, biasanya tidak ditambahkan bahan tambahan apapun.

Dilansir Medical News Today, minyak kelapa mengandung vitamin E yang cukup tinggi. Minyak kelapa hampir 100 persen terdiri atas lemak, sebagian besar adalah lemak jenuh.

Namun, struktur lemak dalam minyak kelapa berbeda dari banyak produk hewani, yang terutama terdiri dari asam lemak rantai panjang.

Minyak kelapa tinggi dalam MCT. Ini lebih sulit bagi tubuh untuk diubah menjadi lemak yang disimpan dan lebih mudah terbakar daripada trigliserida rantai panjang atau long-chain triglycerides (LCT).

Minyak Kelapa Untuk Kesuburan

Selain untuk kecantikan dan kesehatan kulit, minyak kelapa kini juga digunakan untuk kesehatan kesuburan dan membantu meningkatkan peluang kehamilan. Beberapa manfaat dari minyak kelapa untuk kesuburan di antaranya:

  • Mengurangi lemak jahat. Komposisi lemak pada kelapa cukup tinggi, sehingga dapat membantu Bunda mengurangi asupan kalori. Sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki lebih banyak lemak tubuh daripada mereka yang mengonsumsi minyak kelapa. Ini penting karena jaringan adiposa yang terletak di perut diyakini berdampak negatif pada kesuburan.
  • Menjaga pH vagina. Kesehatan vagina adalah salah satu hal penting bagi perempuan yang tengah menjalani program hamil. Tingkat pH vagina dapat dipengaruhi oleh siklus haid, obat-obatan yang dikonsumsi, serta pola makan sehari-hari. Tingkat pH yang terlalu banyak membuat sperma sulit bertahan hidup di dalam vagina. Kondisi ini juga dapat menyebabkan infeksi jamur, memicu rasa gatal dan hubungan seks yang tidak nyaman. Nah, minyak kelapa dapat membantu menjaga tingkat pH yang tepat dalam tubuh Bunda dan menjaga kesehatan vagina. Tambahkan minyak kelapa dalam diet atau gunakan sebagai pelumas alami.
  • Menjaga insulin dan tiroid tetap terkontrol. Insulin, hormon yang bertanggung jawab untuk menjaga kadar gula darah, memainkan peran vital dalam tubuh Bunda. Oleh sebab itu, kadarnya pun harus juga diperhatikan. Terlalu banyak insulin dapat menyebabkan testosteron naik begitu tinggi, sehingga dapat menghambat kesuburan dalam tubuh seseorang. Asam lemak rantai sedang dalam kelapa dikenal untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Dengan memecah glukosa secara perlahan, kadar gula darah pun tetap terjaga. Selain insulin, minyak kelapa juga membantu menjaga kestabilan tiroid. Kadar tiroid yang tidak terkendali adalah salah satu masalah umum pada perempuan yang sedang program hamil.

Cara efektif menggunakan minyak kelapa untuk kesuburan

  • Minyak kelapa digunakan untuk pelumas alami

Menggunakan minyak kelapa sebagai pelumas atau lubrikan alami. Meskipun sebenarnya sebagian besar pasangan suami istri tidak membutuhkan pelumas, tetapi jika memang sedang dibutuhkan maka minyak kelapa bisa jadi pilihan tepat. 

Sebenarnya banyak pelumas yang tersedia di pasaran, namun biasanya mengandung bahan-bahan yang dapat merusak lapisan vagina. Pelumas alami seperti minyak kelapa tidak memiliki efek samping dan membantu mengurangi kekeringan pada vagina. Pastikan bahwa Bunda menggunakan minyak kelapa yang alami, ya.

  • Dijadikan Bahan Masakan / Makanan¬†

Cara lain memanfaatkan minyak kelapa adalah dengan memasukkannya dalam diet sehari-hari. Minyak kelapa mengandung nutrisi tinggi dan bisa ditambahkan dalam asupan seperti smoothie. Minyak kelapa juga dikenal bersifat antivirus, antijamur dan antibakteri, sehingga konsumsi asupan dengan tambahan minyak kelapa diyakini dapat menjaga sistem kekebalan tubuh aktif dan sehat.

Cara Memilih Minyak Kelapa Alami

Meskipun minyak kelapa memiliki manfaat yang baik, namun jika minyak kelapa yang dikonsumsi tidak alami / murni maka manfaat minyak kelapa tersebut bisa saja tidak seefektif minyak kelapa yang alami nih Bunda. 

Pilihlah minyak kelapa yang 100% alami, tanpa bahan kimia yang berbahaya dan merugikan. Jika memungkinkan Bunda dapat membuat minyak kelapa sendiri di rumah.