Beranda Kehamilan Lengkapnya Nutrisi Kurma Untuk Ibu Hamil

Lengkapnya Nutrisi Kurma Untuk Ibu Hamil

Kurma – merupakan buah asal timur tengah yang kini telah diketahui sangat bermanfaat untuk tubuh. Kandungan kurma sangat memenuhi kebutuhan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Kurma memiliki manfaat untuk ibu hamil, selain untuk ibu hamil juga sebagai makanan yang berfungsi meningkatkan kesuburan nih sahabat Bunda.

Bunda yang sedang mengandung membutuhkan asupan gizi yang menyehatkan tubuh sekaligus perkembangan janin. Selain mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur, ada baiknya mempertimbangkan kurma sebagai cemilan selama hamil.

Mengapa Kurma ?

Belum banyak yang tahu, kurma memiliki segudang manfaat bagi kehamilan dan perkembangan janin.

Saat trimester pertama dan kedua kehamilan, Bunda rentan sembelit dan diabetes gestasional sehingga Bunda bisa mengkonsumsi kurma untuk mengatasi hal tersebut.

Sedangkan saat trimester ketiga, mengkonsumsi kurma akan membantu proses kelahiran lebih mudah. Untuk itu Bunda dapat mengkonsumsi kurma saat janin berusia 36 minggu yaitu 4 minggu sebelum estimasi hari kelahiran.

Manfaat Kurma

Selama hamil disarankan Bunda mengkonsumsi 6-7 kurma setiap harinya selama hamil. Dan berikut manfaat dari mengkonsumsi kurma setiap harinya:

  • Menambah Energi

Para ahli gizi menemukan kandungan vitamin dan mineral  yang lengkap pada kurma dan memenuhi kebutuhan tubuh. Sedangkan Bunda yang hamil membutuhkan energi lebih banyak dibandingkan sebelum hamil.

Mengkonsumsi kurma 6-7 butir setiap harinya saat perut kosong / sebelum makan akan menyediakan tambahan energi berupa gula alami tanpa kalori berlebih dan mudah diserap oleh tubuh dan disalurkan ke janin melalui plasenta (ari-ari).

  • Terhindar dari Sembeli

Kurma yang kaya serat menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan mengantisipasi sembelit selama hamil. Selain itu perut akan cepat kenyang, mengurangi kadar kolesterol dan membantu menjaga berat badan seimbang.

  • Membantu Memproduksi Asam Amino

Kurma mengandung protein, yang akan memproduksi asam amino. Asam amino menjadi unsur yang esensial untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

  • Mencegah Bayi Lahir Cacat

Kurma juga kaya asam folat yang menghindari bayi terlahir cacat. Mengkonsumsi kurma akan melindungi otak dan saraf tulang belakang bayi.

  • Menyumbang Vitamin K Untuk Bayi

Bayi akan menyerap vitamin K yang dibutuhkan saat sedang menyusui, sehingga membantu mencegah pembekuan darah dan mendukung perkembangan tulang.

  • Mencegah Anemia

Anemia dapat terjadi karena kurangnya zat besi selama kehamilan. Bayi akan terlindung dari kekurangan darah serta memperkuat sistem imunitas jika ibu hamil mengkonsumsi kurma.

Zat besi dan vitamin B kompleks yang terkandung pada kurma akan membantu proses pembentukan sel darah merah, sehingga terhindar dari anemia. Selain itu kurma juga membantu Bunda dalam meningkatkan kesehatan mata karena vitamin A yang terkandung di dalamnya.

  • Membantu Keseimbangan Air dan Garam Dalam Tubuh

Dalam kurma terdapat kandungan potasium yang akan membantu menjaga keseimbangan kadar air dan garam. Kurma juga dapat mencegah tekanan darah tinggi, menghindari kram otot dan mencegah permasalahan ginjal

  • Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi Bayi    

Kurma juga kaya akan magnesium, mineral esensial yang membentuk struktur tulang dan gigi bayi. Selain itu, ibu hamil akan terjaga dari kadar gula darah dan tekanan darah yang melebihi batas normal.

Magnesium dalam kurma juga bermanfaat melindungi ibu hamil dari masalah hati dan ginjal.

  • Membantu Tubuh Menghadapi Infeksi

Kurma merupakan makanan sehat untuk Bunda yang sedang hamil, selain fungsi-fungsi di atas kurma bermanfaat untuk daya tahan tubuh.

Kandungan tanin dalam kurma membantu tubuh dalam menghadapi infeksi, karena tanin dalam kurma berfungsi sebagai anti infeksi. Selain sebagai anti infeksi, tanin juga sebagai anti inflamasi.

  • Membantu Menangkal Racun

Kurma memiliki kandungan vitokimia dan diperkaya dengan zat antioksidan dimana fungsi keduanya sebagai penangkal racun dan radikal bebas, yang dapat merusak sel sehat dalam tubuh.

  • Memperlancar Proses Persalinan

Kurma sangat baik dikonsumsi Bunda saat trimester ketiga, karena kurma mengandung hormon oksitosin.

Hormon oksitosin berperan dalam proses peregangan dan kontraksi otot rahim sehingga timbulnya kontraksi yang menekan janin untuk keluar. Konsumsi kurma saat menjelang persalinan membantu Bunda memperlancar persalinan dan terpenuhinya energi untuk menjalani proses persalinan.

Manfaat – manfaat tersebut adalah manfaat yang dapat Bunda rasakan jika Bunda mengkonsumsi kurma teratur dan dalam jumlah seimbang. Bunda juga dapat menggantikan buah kurma dengan madu sari kurma. Dimana madu tersebut adalah extrak dari kurma asli . Sehingga Bunda dapat mengkonsumsinya dengan kombinasi makanan lain, seperti dijadikan selai roti atau meminumnya dengan air hangat.

search

https://www.instagram.com/madu_asi_honeymom/

 

BACA JUGA : Hindari Makanan Berikut Saat Hamil