Beranda Keluarga Lima Brain Food Untuk Si Kecil Lebih Cerdas

Lima Brain Food Untuk Si Kecil Lebih Cerdas

Memiliki anak yang sehat dan cerdas merupakan dambaan bagi setiap orang tua. Memperhatikan tumbuh kembang si kecil dan memberikan stimulasi guna mengembangkan kinerja otak merupakan sebuah upaya untuk menciptakan anak yang cerdas. 

Namun tahukah Bunda tidak hanya memberikan stimulasi agar kinerja otak maksimal, memberikan nutrisi yang seimbang juga salah satu syarat penting agar si kecil cerdas. Terdapat beberapa makanan yang berfungsi sebagai nutrisi otak nih Bunda. 

Lima bahan makanan berikut dapat Bunda sajikan sebagai makanan si kecil untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, diantaranya :

Ikan 

Ikan merupakan makanan favorit orang jepang ya Bun, makanya orang jepang pinter-pinter. Ternyata bukan tanpa alasan nih Bunda. Ikan mengandung omega 3 alami yang merupakan salah satu makanan untuk sel-sel otak. Kandungan omega 3 akan diserap tubuh dan menghasilkan DHA. DHA ini adalah makanan sel-sel otak nih Bunda. Saat sel-sel otak disuplai dengan DHA maka sel-sel otak akan berkembang dan bekerja dengan optimal mengantarkan, menyerap, dan merekam informasi yang diterima dari luar. 

Daging Sapi

Daging sapi kaya akan zat besi, tentu saja akan membuat anak tidak mudah lesu dan lemas. Anak yang kekurangan zat besi cenderung mudah mengalami anemia, sehingga sulit untuk konsentrasi di sekolah. 

Susu dan Yogurt

Susu merupakan minuman yang kaya akan manfaat, karena kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan melengkapinya dengan susu maka akan mengoptimalkan kinerja otak.

Beras Merah

Berbeda dengan beras putih, kandungan glukosa pada beras merah lebih lama diserap oleh tubuh. Kandungan gula yang tidak mudah drop membuat insulin bekerja secara maksimal. Nah Bunda glukosa dalam tubuh akan diikat oleh insulin dan mengantarkannya menjadi makanan untuk sel-sel tubuh dan organ tubuh.

Jika glukosa tidak mudah turun maka makanan untuk sel-sel akan terus terpenuhi, dan insulin yang dihasilkan tubuh dapat terus bekerja dengan optimal. Jika beras putih menghasilkan glukosa yang mudah turun sehingga mudah membuat kantuk mata ni Bunda.

Beras merah juga dapat menenangkan otak si kecil dan memperbaiki suasana hati lo Bunda. 

Telur 

Telur berperan dalam meningkatkan memori atau daya ingat si kecil ni Bunda, karena telur mengandung omega 3 juga loh Bunda, meski kandungan omega 3 pada ikan jauh lebih banyak. 

Sudah pilih bahan makanan hari ini untuk si kecil Bunda? Jangan lupa sajikan salah satu bahan makanan diatas ya Bunda.