Beranda Anak Mainan Yang Baik Untuk Anak Usia 0-12 Bulan

Mainan Yang Baik Untuk Anak Usia 0-12 Bulan

Mainan merupakan hal yang tidak sepenuhnya tidak penting nih sahabat Bunda. Ternyata stimulasi anak usia 0-12 Bulan banyak dilakukan dengan media mainan loh Bunda. Mainan yang diberikan sesuai dengan usianya akan memacu anak lebih kreatif dan juga menjadikan mainan itu sendiri sebagai stimulasi tumbuh kembang anak.

Macam-Macam Bentuk Mainan Berdasarkan Usia

Bayi Baru Lahir

Matras mainan – pada anak bayi baru lahir kini memiliki mainan sekaligus stimulasi untuk perkembangan otot dan telinganya. Yakni matras mainan yang saat ini telah terdapat berbagai bentuk warna dan disertai suara / musik lembut.  Bayi dapat bermain diatas matras dengan aman, seperti mengayuhkan kaki dan sambil melihat warna yang menarik di matras serta musik yang menjadikan stimulasi di indra pendengarannya. Jika Bunda sulit menemukan matras yang terdapat musiknya, Bunda dapat menambahkan musik dengan alat audio tambahan.

Usia 1 Bulan

Pada usia 1 bulan bayi mulai memiliki reflek yang mendorong mereka untuk memainkan tangannya seperti melambai. Mainan seperti kartu atau mainan dengan musik dan benda berwarna yang digantung di matras dapat membuat anak mengenal warna warna dasar, dan menstimulasi kepekaan dalam penglihatannya. Anak akan semakin berupaya untuk melambai dan meraih mainan yang tergantung di atas, yang membuat anak semakin kuat otot tangan dan kakinya.

Usia 2-3 Bulan

Bayi usia 2-3 bulan dapat Bunda berikan mainan gelang dan manik-manik dan aksesoris disekelilingnya. Biasanya Bunda banyak menemukan di sekitar mainan kerincingan. Bunda dapat memberikannya dengan ukuran yang berbeda, mulai yang sangat kecil sampai besar. Pada tahap ini anak akan belajar menggenggam dan mempertahankan benda yang dipegangnya. Mulai dari benda yang kecil sampai ukuran yang besar. Jika anak suka memasukan barang ke mulut, Bunda harus perhatikan jangan sampai dimakan ya Bunda.

Usia 4-5 Bulan

Memasuki usia 2-5 bulan anak mulai belajar sebab akibat nih Bunda. Jadi jangan heran pada usia ini anak mulai aktif menggoyangkan mainan, melempar bahkan memasukan benda kedalam mulutnya. Mainan pada usia ini seperti mainan yang dapat bergerak, berputar dan diraih anak, Bunda juga dapat memberikannya gel yang dapat digigit-gigit anak. Pastikan mainan yang diberikan ke anak yang aman ya Bunda, tidak mengandung zat pewarna yang berbahaya.

Usia 6 Bulan

Memasuki usia 6 bulan, Bunda dapat memberikannya Buku berbahan katun. Buku akan membuat anak belajar melihat gambar dan berimajinasi. Namun karena anak masih suka menggigit, maka buku berbahan dasar katun aman digunakan anak jika ia menggigitnya. Selain itu Bunda dapat memberikan mainan yang dapat ditumpuk ke atas atau disusun sebagai stimulasi daya konsentrasinya.

Usia 9 Bulan

Pada usia 9 bulan bayi mulai menggunakan ingatan dan memahami instruksi sederhana. Mainan yang dapat digunakan saat ini seperti kitchen set mini, pazel. Beberapa mainan ini akan berguna untuk mengeksplor keingintahuan anak.

Usia 12 Bulan

Memasuki usia 1 tahun anak akan mulai aktif belajar berjalan. Bunda dapat memberikannya mainan mobil-mobilan atau mainan yang dapat bergerak dan mereka dorong. Dengan begitu anak akan terlatih untuk berjalan dan mengeksplor lingkungan dengan mandiri. Dan mainan balok berukuran besar untuk melatih motorik kasarnya.