Beranda Kehamilan Makanan Sehat Penurun Hipertensi Ibu Hamil

Makanan Sehat Penurun Hipertensi Ibu Hamil

Sahabat Bunda yang saat ini mengalami tekanan darah tinggi atau dikenal dengan hipertensi saatnya mencari dan mengolah makanan sendiri di rumah. Dan beberapa sumber makanan secara ilmiah dapat membantu menstabilkan tekanan darah tinggi.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan awal masalah yang akan menimbulkan komplikasi pada Bunda yang sedang hamil. Untuk mengetahui lebih lanjut bahaya hipertensi, Bunda dapat melihat kembali artikel sahabat Bunda dengan link bahaya hipertensi pada ibu hamil.

Makanan Penakluk Hipertensi

Banyak sumber makanan jika dalam mengkonsumsinya berlebihan akan memicu timbulnya hipertensi, namun ada pula sumber makanan yang dapat menstabilkan hipertensi dan jika dikonsumsi secara rutin dapat membantu menurunkan angka tekanan darah tinggi. Berikut sumber makanan yang dapat membantu menstabilkan tekanan darah, diantaranya:

  • Telur

Telur adalah salah satu makanan yang bisa mencegah tekanan darah pada ibu hamil. Seperti yang kita tahu jika telur itu tinggi akan kandungan proteinnya dan juga kandungan omega 3 yaitu DHA. Kandungan omega 3 yang cukup tinggi di dalam telur ini ternyata mampu untuk membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Selain bisa mengatasi tekanan darah tinggi, telur juga memiliki banyak manfaat telur bagi ibu hamil. Jadi mulai sekarang sering-seringlah konsumsi telur ya Bunda namun tetap melakukan kombinasi variasi sumber makanan lain untuk pemenuhan sumber gizi utama Bunda.

  • Buah berry

Selama masa kehamilan Bunda juga harus mencukupi kebutuhan mengenai buah-buahan. Salah satu buah yang bisa mengatasi atau menurunkan tekanan darah tinggi selama masa kehamilan adalah keluarga buah berry. Seperti yang Bunda tahu jika berry sendiri memiliki banyak jenis, ada buah blueberry, strawberry, raspberry, dan masih banyak lagi.

Salah satu manfaat strawberry bagi ibu hamil adalah ternyata bisa secara signifikan mengatasi tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Selain itu buah berry juga mengandung antioksidan dan juga vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa menjadi penangkal radikal bebas.

  • Buah melon

Selanjutnya adalah buah melon, buah melon ini ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi selama masa kehamilan ya Bunda. Buah melon menjadi salah satu buah favorit yang menyegarkan yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi. Melon juga mengandung potasium dan kalium yang cukup tinggi sehingga akan mencukupi kebutuhan nutrisi Bunda.

  • Buah bit

Mungkin Bunda agak asing dengan buah ini, buah berwarna merah yang masuk ke dalam kelas umbi-umbian ini adalah salah satu buah yang bisa mengatasi tekanan darah tinggi selama kehamilan. Sudah dibuktikan melalui penelitian oleh Queen Marry University London dimana buah bit membantu menjaga sirkulasi darah dan mengatasi tekanan darah tinggi.

  • Buah kiwi

Buah kiwi, buah yang memiliki daging berwarna hijau dan kuning ini ternyata juga bisa membantu kita untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Hal ini karena di dalam buah kiwi ada kandungan kalium sebesar 9%, kalsium sebesar 2%, dan kandungan berguna lainnya yang bisa membantu menurunkan kadar tekanan darah tinggi. Selain itu buah kiwi juga bisa mengandung antioksidan yang tinggi yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

Bunda yang sedang hamil upayakan melakukan kombinasi konsumsi buah dengan buah kiwi ya, agar setiap asupannya beragam dan seimbang.

  • Buah semangka

Semangka adalah salah satu buah yang mengandung banyak air, semangka bisa membuat tubuh bunda menjadi terhidrasi. Apakah bunda tahu jika ternyata semangka ini bisa membantu bunda untuk mengatasi tekanan darah tinggi? Semangka terbukti bisa mengatasi tekanan darah tinggi karena mengandung senyawa alami yaitu L-Citruline yang bisa melebarkan pembuluh darah Anda dan bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

L-Citruline merupakan salah satu jenis asam amino, yang dalam tubuh digunakan untuk menghilangkan senyawa beracun seperti amonia.  Selain itu juga dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan meningkatkan energi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak citrulline yang didapat dari semangka membantu mengobati tekanan darah tinggi. Dalam penelitian tersebut, peserta pada kelompok usia 50-60 tahun dan menderita pra-gejala tekanan darah tinggi diminta mengkonsumsi citrulline yang diekstrak dari semangka selama kurang lebih 42 hari.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aliran darah di arteri sehingga membantu mengurangi tekanan darah pada aorta. Arginin membantu dalam produksi nitrit oksida dalam tubuh. Nitrit oksida dikenal berperan untuk menjaga aliran darah tetap sehat.

  • Daun seledri

Daun seledri ternyata juga baik untuk mengatasi tekanan darah tinggi ya Bunda. Hal ini karena di dalam daun seledri sendiri ada kandungan senyawa phthliades, apenin, dan kumarin yang baik bagi penderita hipertensi. Bunda yang mengkonsumsi daun seledri selama kehamilan memiliki tekanan darah yang cukup normal.

  • Mentimun

Makanan lain yang sangat cepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah dengan mentimun. Mentimun mengandung enzim khusus yang akan membantu tekanan darah menjadi lebih normal. Mentimun juga mengandung banyak cairan dan gel yang akan membantu pencernaan menjadi lebih sehat. Bunda yang makan buah mentimun tidak perlu takut karena mentimun bukan pemicu keputihan untuk Bunda yang sedang hamil. Jadi cobalah untuk membuat jus mentimun dan minum saat siang hari.

  • Teripang

Jika kita sebelumnya banyak membahas tentang buah-buahan, makanan kali ini datang dari teripang. Teripang adalah makanan laut yang mengandung omega 3, asam amino dan kandungan lainnya yang dapat melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengatasi tekanan darah tinggi. Jenis pengobatan herbal sudah banyak menggunakan teripang untuk tekanan darah tinggi dalam bentuk kapsul lo Bunda. Namun Bunda dapat mengkonsumsi secara segar agar dapat terkombinasi dengan gizi seimbang yang Bunda makan.

  • Susu skim

Apa itu susu skim. Susu skim merupakan susu rendah lemak yang mengandung kalsium tinggi yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dan kandungannya yang rendah lemak dapat membuat Bunda aman untuk mengkonsumsinya saat hamil.

  • Yogurt

Hasil olahan susu ini ternyata dapat membantu menstabilkan tekanan darah tinggi. Dan konsumsi yogurt dalam frekuensi terus menerus  aman untuk Bunda yang sedang mengandung. Salah satu faktor mengapa Bunda mengalami tekanan darah tinggi adalah kurangnya kalsium. Jika Bunda mengkonsumsi yogurt maka dapat mengatasi tekanan darah tinggi karena kandungan kalsium di dalam yogurt.

  • Coklat

Coklat merupakan makanan favorit bagi Bunda yang menyukai makanan manis. Coklat dipercaya dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi. Coklat murni seperti dark chocolate mengandung suatu senyawa yaitu flavonoid yang dapat mengatasi tekanan darah tinggi dan dapat menjaga jantung Bunda. Jadi memakan coklat juga disarankan nih Bunda, namun perlu Bunda ketahui konsumsi coklat jangan berlebihan ya Bunda, dan bersihkan gigi setelah mengkonsumsinya.

Melakukan kombinasi sumber makanan yang Bunda makan dengan sumber-sumber di atas setiap harinya secara rutin dapat mencegah dan membantu mengatasi tekanan darah tinggi secara alami dan tanpa efek samping dibandingkan penggunaan bahan kimia seperti obat-obatan ya Bunda. Mulailah memilih dan mencari sumber makanan segar dan diolah sendiri di rumah ya Bunda.