Beranda Persalinan Makanan yang dapat memperlancar ASI

Makanan yang dapat memperlancar ASI

Sahabat bunda pasti akan panik bila payudara bunda tidak kunjung keluar ASI atau ASI hanya keluar sedikit. Padahal dalam 1000 hari pertamanya, sang bayi membutuhkan asupan nutrisi untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya. Asupan nutrisi yang tepat adalah hal yang sangat penting pada fase menyusui. Idealnya bayi mendapatkan ASI eksklusif selama 6 bulan, oleh sebab itu sahabat bunda perlu mendapat asupan makanan yang mendukung. Berikut adalah beberapa makanan yang berdasarkan kandungannya dapat membuat ASI bunda mengalir deras.

  1. Oat

 

Kandungan beta glucan atau salah satu bentuk serat makanan larut yang ada pada oat menjadikan nya makanan yang dapat diandalkan untuk meningkatkan produksi ASI bunda. Bunda dapat mencampurkan oat dengan buah-buahan agar lebih nikmat dikonsumsi.

 

  1. Pare

 

Meski rasanya pahit, pare sangat bagus untuk membuat produksi ASI melimpah. Selain itu kandungan vitamin K, antioksidan (sebagai menguat sistem imun), dan fitokimia dapat mengentalkan ASI, sehingga sang bayi cepat kenyang.

 

  1. Daun katuk

 

Daun katuk umumnya dibuat sayuran. Daun ini mengandung polifenol (antioksidan yang baik untuk kesehatan) dan merangsang hormon prolaktin atau hormon yang merangsang produksi ASI.

 

  1. Pepaya

 

Baik pepaya muda atau pepaya yang sudah agak tua. Buah pepaya mengandung enzim papain yaitu enzim yang membantu proses  pemecah protein sehingga nutrisi yang dikonsumsi bunda jadi lebih mudah diserap tubuh dan bisa meningkatkan produksi ASI.

 

  1. Wortel

 

Wortel mengandung beta karoten sebagai antioksidan atau sebagai menguat sistem imun. Jika sistem imun kuat maka tubuh pun tak mudah terkena penyakit.

 

  1. Kunyit & jahe

 

Kunyit dan jahe berfungsi sebagai anti inflamasi karena mengandung antioksidan dan mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Terkadang ibu menyusui mengalami peradangan pada payudara, kunyit dan jahe dapat mengurangi rasa sakit akibat peradangan payudara.

 

  1. Brokoli & bayam

 

Antioksidan sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui untuk menunjang produk ASI. Brokoli dan bayam mengandung sangat banyak antioksidan yang pasti nya sangat baik untuk sahabat bunda.

 

Dengan sering memakan asupan yang mendukung seperti contoh diatas, sahabat bunda juga harus menghindari konsumsi yang bisa menghambat kelancaran ASI bunda. Hal yang paling utama dihindari adalah minum minuman beralkohol. Bagaimanapun kita tidak bisa melepaskan suatu stigma bahwa budaya mengkonsumsi minuman beralkohol maupun merokok tidak hanya dilakukan oleh pria  tetapi wanita juga melakukannya, jadi mohon demi kelancaran ASI bunda hindari minum minuman beralkohol karena ini menganggu produksi ASI. Hal kedua yang harus dihindari adalah kopi, karena apapun yang dikonsumsi bunda akan dirasakan oleh sang bayi, sering mengkonsumsi kopi bisa membuat sang bayi sulit tidur. Yang ketiga batasi bumbu atau rempah-rempah seperti makanan yang terlalu pedas