Beranda Konsepsi Makanan Yang Meningkatkan Kesuburan

Makanan Yang Meningkatkan Kesuburan

Sahabat Bunda sedang melakukan program kehamilan, atau menjelang pernikahan. Nah sahabat Bunda harus mempersiapkan kandungan gizi pada makanan Bunda untuk meningkatkan kesuburan pada organ reproduksi.

Jika asupan gizi sudah baik akan memudahkan matangnya sel telur secara normal (siklus normal) dan meningkatkan jumlah serta kualitas sperma. Kalau sudah begitu program hamil Bunda akan berjalan dengan baik dan jika sahabat Bunda akan menikah akan segera memiliki momongan segera setelah menikah.

Apa saja sih makanan dan buah yang dapat meningkatkan kesuburan, kita simak ya Bunda;

1. Kacang Hijau / Toge
Sayuran yang satu ini sudah sangat terkenal nih sahabat Bunda bagi yang sedang melakukan program hamil. Karena sejak turun menurun resep rahasia kacang hijau /kecambah (tauge) selalu diberikan pada sahabat Bunda yang sedang program hamil/ awal menikah, dan beberapa studi kasus menunjukan keberhasilan pada pasangan subur untuk mendapatkan keturunan.

Kacang hijau / kecambah (tauge) meropakan sumber protein tinggi dengan lemak yang tidak jenuh dan berperan pada pertumbuhan dan pematangan sel telur. Selain protein kacang hijau / kecambah (tauge) mengandung zat besi, vitamin, karbohidrat, asam nitrat, fosfor, serat dan mineral. Dengan kandungan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh dan bersifat stabil sahabat Bunda dapat mengkonsumsinya secara teratur dan sebagai sumber yang baik untuk program hamil Bunda.

2. Kurma
Kurma merupakan makanan yang sehat dan bersifat menyejukan. Para ahli gizi menemukan kandungan vitamin pada kurma yang lengkap dan memenuhi kebutuhan tubuh. Pada hasil riset kurma dapat bermanfaat untuk kualitas kesuburan wanita dan juga laki-laki nih sahabat Bunda.

Kandungan gizi pada kurma diantaranya karbohidrat, air, kalori, protein, gula, serat, lemak, vitamin A,C,D E,K , Vitamin B kompleks, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, kalium, sodium, zinc.

3. Madu
Madu merupakan zat cair yang dihasilkan oleh lebah yang merupakan campuran dari air liur lebah, serbuk sari dan nektar tanaman. Kandungan nutrisi yang ada di dalam madu cukup lengkap seperti zinc, kalium, natrium, magnesium, serta 24 jenis nutrisi lainnya. selain itu dari 22 asam amino yang ada saat ini, 20 diantaranya ada di dalam madu.
Beberapa penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari eropa dan amerika telah menunjukkan hasil bahwa madu sangat baik untuk kesehatan seksual. Hal ini mencakup madu terbukti:

  • Madu mampu mengembalikan dan meremajakan kelenjar seks yang dimiliki baik pria maupun wanita. Hal ini disebabkan karena madu mengandung zat yang mampu merangsang hormone seksual wanita dan pria dan bisa merangsang pemeliharaan sistem reproduksi lainnya.
  • Meningkatkan stamina serta daya tahan seksual.
  • Mengatasi difungsi ereksi pada pria yang disebabkan oleh adanya ganggun pada kelenjar prostat.
  • Merangsang sel ovarium dan meningkatkan kesuburan sel telur.
  • Mengurangi gejala PMS yang sangat mengganggu wanita saat merasakannya.

4. Kentang
Kentang mengandung vitamin B yang tinggi sahabat Bunda. Dimana Vitamin B dan Vitamin E dapat meningkatkan pembelahan sel serta meningkatkan peluang produksi ovum (sel telur) yang sehat.

kentang merupakan jenis makanan umbi-umbian yang aman dikonsumsi bagi penderita penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi dan strook. pengelolahan kentang bermacam-macam sahabat Bunda, namun pengelolahan dengan proses mengkukus sangat disarankan.

5. Alpukat
Alpukat banyak mengandung vitamin B6 yang berfungsi meningkatkan hormon reproduksi pria. Alpukat juga mengandung potassium yang berfungsi mengatur tiroid wanita.

Alpukat juga mengandung betakaroten, klorofil dan vitamin E, B kompleks dan asam folat yang membantu kelancaran metabolisme protein sehingga dapat menaikkan energi di dalam tubuh.

6. Minyak Ikan
Salmon, mackerel dan sarden sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesuburan.

Minyak ikan mengandung asam lemak esensial (EFA) yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh sistem reproduksi serta meningkatkan pembentukan sperma berkualitas.

7. Sayur-sayuran dan Buah
Sayuran dan buah merupakan sumber vitamin dan protein yang baik dan alami. Selain kadar vitamin dan mineral yang tinggi, sayuran dan buah memiliki efek negatif yang kecil jika di konsumsi secara berlebihan dibandingan sumber vitamin dan protein secara hewani.

Sahabat Bunda dapat memilih sayuran yang berwarna cerah, karena disana banyak mengandung nutrisi yang lebih banyak. Dan sahabat Bunda dapat memilih pada daun-daunan yang berwarna gelap (hijau) karena mengandung zat besi yang tinggi.

Selain itu komsumsi juga kacang-kacangan, karena kacangan-kacangan mengandung protein dan zat besi alami yang tinggi seperi kacang merah.

Selain itu Bunda Vitamin C yang terkandung pada sayur dan Buah dapat meningkatkan kualitas sperma dan mencegah penggumpalan sperma.

8. Daging
Daging merah yang dihasilkan dari sapi merupakan sumber protein hewani sahabat Bunda. Protein yang terkandung dalam daging sapi dapat memenuhi kebutuhan tubuh yang bermanfaat sebagi sumber energi sel dan pertumbuhan.

Selain protein daging sapi mengandung zat besi. Sahabat Bunda tentu saja sudah tau, zat besi merupakan kandungan pada sel darah merah kita yang merupakan sumber makanan sel-sel dalam tubuh. Kekurangan zat besi meningkatkan resiko anemia. Nah jika sudah anemia bagaimana bisa tubuh memproduksi sel telur dengan baik nih sahabat Bunda. Itu sebabnya mengapa wanita terkadang mengalami ovulasi (pematangan sel telur) yang tidak menentu.

Setelah mengandung protein dan zat besi, daging juga mengandung selenium dan zinc. Menurut ahli gizi, zinc dapat membantu kesuburan, meningkatkan horman kewanitaan, serta meningkatkan kualitas sprema loh sahabat Bunda.

9. Susu
Susu banyak mengandung protein loh sahabat Bunda, yang bermanfaat paa kebutuhan tubuh, selain itu sangat bermanfaat pada tulang. Hasil dari olahan susu juga bisa sahabat bunda pilih sebagai alternatif seperti keju, yoghurt namun pilih produk yang rendah lemak dan bebas lemak ya sahabat Bunda.

 

10. Vitamin yang mengandung radikal bebas
Vitamin yang mengandung radikal bebas banyak sekali jumlahnya nih sahabat Bunda, namun mana yang baik?

Akhir-akhir ini banyak penelitian menunjukan, extrak kulit manggis mengandung antioksidan yang tinggi dan mampu menangkal radikal bebas pemicu kanker dan tumor (sel tidak baik) dalam tubuh, serta mampu meningkatkan proses siklus normal pematangan sel telur dan mengurangi gejala PMS.

Extrak buah noni juga merupakan sumber antioksidan tinggi yang terbukti meremajakan sel yang rusak, meningkatkan oksigen pada pembuluh darah serta memperbaiki kadar glukosa dalam tubuh.

Extra daun sirsak saat ini sangat banyak digunakan untuk mengurangi resiko kanker dan tumor nih sahabat Bunda yang berarti kandungan antioksidannya tinggi dan sahabat Bunda dapat memilih vitamin yang tinggi antioksidan dari 3 kandungan diatas (extrak kulit manggis, extrak buah noni, dan extrak daun sirsak), atau Bunda juga dapat mengkombinasinya.