Beranda Persalinan Manfaat ASI Di 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil

Manfaat ASI Di 1000 Hari Pertama Kehidupan Si Kecil

Memenuhi nutrisi di 1000 hari pertama kehidupan (hpk) si Kecil sangat penting karena berpengaruh pada tumbuh kembangnya di masa depan. 1000 hari pertama kehidupan diawali dari masa kehamilan si kecil sampai usia dua tahun. Pada masa ini, si kecil memerlukan segala bentuk asupan gizi yang baik, entah melalui Bunda (saat hamil) atau ketika sudah dilahirkan.

Salah satu cara terbaik agar si Kecil mendapat nutrisi dan gizi maksimal adalah dengan menyusui. Menyusui memberikan banyak manfaat kesehatan untuk Bunda dan bayi. ASI (Air Susu Ibu) mengandung semua jenis nutrisi yang dibutuhkan si Kecil, terutama selama enam bulan pertama.

Manfaat kesehatan menyusui di 1000 hpk bagi si Kecil

Kesadaran akan pentingnya menyusui mungkin belum semua Bunda tahu. Berdasarkan IMA World Health, masih perlu dilakukan penyuluhan dan upaya untuk mendukung Bunda agar mengerti pentingnya menyusui. Namun dalam beberapa kondisi, Bunda mungkin berhalangan untuk menyusui. 

Nah berikut yang perlu Bunda ketahui manfaat dan pentingnya menyusui di 1000 hpk bagi si kecil, diantaranya :

  1. Memberikan nutrisi ideal

ASI hampir memiliki nutrisi sempurna antara vitamin, protein, dan lemak yang dibutuhkan oleh si Kecil. Bahkan, komposisi dari ASI akan berubah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bayi, terutama selama bulan pertama.

  1. Membantu menurunkan risiko penyakit

Menyusui akan membantu Bunda untuk menjaga si Kecil dari beberapa penyakit, seperti:

  • Infeksi di bagian telinga tengah (Otitis)
  • Infeksi saluran pernapasan
  • Pilek dan infeksi lain
  • Infeksi pada usus
  • Penyakit alergi
  • Diabetes

Masih terdapat beberapa jenis penyakit lain yang bisa dicegah dengan menyusui, Apalagi jika Bunda memberikan ASI secara eksklusif.

  1. Mendorong berat badan ideal

Si Kecil yang mendapatkan ASI di 1000 hpk juga kemungkinan besar akan memiliki berat badan ideal sehingga membantu terhindar dari obesitas. Penelitian menunjukan bahwa tingkat obesitas lebih rendah hingga 15-30% pada si Kecil yang menyusui.

  1. Berperan pada kecerdasan

Beberapa penelitian menunjukkan, si Kecil yang menyusui akan memiliki IQ yang lebih tinggi. Hal ini dipercaya karena dipengaruhi oleh sentuhan fisik secara langsung, intimasi, dan kontak mata ketika menyusui.

Manfaat kesehatan menyusui di 1000 hpk bagi Bunda

Selain bermanfaat untuk si kecil ternyata proses menyusui juga dapat bermanfaat untuk Bunda, meski setiap prosesnya membuat Bunda menjadi kelelahan. 

Sejumlah ahli medis, termasuk American Academy of Pediatrics (AAP) dan American College of Obstetricians and Gynecologist sangat merekomendasikan pemberian ASI eksklusif (tanpa formula, jus, atau air) untuk enam bulan pertama. Lalu menyusui dilanjutkan hingga si Kecil berusia satu tahun yang didampingi dengan makanan lain, seperti sayur, biji-bijian, buah, dan protein, dimulai dari usia enam bulan.

Berikut manfaat menyusui bagi Bunda diantaranya:

  1. Membantu menurunkan berat badan

Untuk tiga bulan pertama setelah persalinan, Bundai mungkin lebih sulit menurunkan berat badan dibandingkan dengan yang tidak menyusui. Bahkan berat badan mungkin akan bertambah setelah melahirkan.

Namun setelah tiga bulan menyusui, Bunda akan mengalami peningkatan dalam pembakaran lemak. Oleh karena itu, berat badan Bunda akan turun lebih cepat sekitar 3-6 bulan setelah melahirkan.

  1. Bunda yang menyusui di 1000 hpk memiliki risiko depresi yang rendah

Depresi pasca melahirkan adalah jenis depresi yang dapat dialami Bunda tidak lama setelah melahirkan. Bunda yang menyusui cenderung tidak akan mengalami depresi ini.

  1. Menurunkan risiko kanker payudara

Durasi menyusui seseorang berhubungan dengan menurunnya risiko penyakit kanker payudara dan ovarium. Jika Bunda menyusui selama 1000 hari pertama kehidupan si Kecil, risiko kanker akan semakin rendah.

Karena manfaat akan dirasakan oleh Bunda dan bayi sebaiknya tetap semangat saat menyusui ya Bunda, dan berhasil melalui proses 6 bulan pertamanya.