Beranda Keluarga Manfaat Bawang Putih Untuk Tubuh

Manfaat Bawang Putih Untuk Tubuh

Bawang putih biasanya Bunda jadikan sebagai rempah-rempah masakan nih sahabat Bunda. Namun tahukah Bunda bahwa bawang putih juga bermanfaat untuk tubuh, diantaranya :

Menghilangkan Jerawat

Bawang putih selain untuk memasak juga dapat dimanfaatkan sebagai obat jerawat yang aman. Saat wajah berjerawat buatlah pasta bawang putih, lalu oleskan pasta bawang putih itu di bagian wajah yang timbul jerawat. Oleskan sampai kering dan jerawat di wajah akan hilang sendiri. Hentikan pemakaian jika ternyata kulit Bunda sensitif terhadap bawang putih.

Sembuhkan Flu

Selain jahe atau air lemon, bawang putih juga berfungsi untuk melawan flu. Konsumsilah 2-3 siung bawang putih yang bisa dicampur dengan madu atau jahe. Jika Bunda flu segera obati dengan ramuan bawang putih tersebut supaya cepat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

Makan bawang putih juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, karena antioksidan dan sifat allicin. Bawang putih juga mampu mengatur tekanan darah dan kadar gula darah. Dalam jangka panjang, bawang putih yang Bunda konsumsi mampu meningkatkan kesehatan jantung agar fungsinya semakin baik.

Pengganti Obat Antibiotik

Bawang putih juga difungsikan sebagai pengganti obat antibiotik untuk melawan bakteri, jamur dan parasit infeksi. Studi menunjukkan, ekstrak bawang putih yang diolah dapat membantu menyembuhkan anak-anak cacingan. Di samping itu, bawang putih juga dimanfaatkan untuk obat kumur yang membantu melawan bakteri jahat di dalam rongga mulut.

Mencegah Kanker Usus

Penelitian telah menunjukkan, ada hubungan antara konsumsi harian bawang putih dan pencegahan penyakit kanker usus. Bawang putih terbukti meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap kanker. Dalam kehidupan sehari-hari, bawang putih juga bagus dikonsumsi untuk menjaga sistem pencernaan Bunda agar bebas sembelit atau diare yang menyakitkan.

 

Bawang putih mengandung sifat anti-bakteri dan anti-fungalproperties. Tak cuma itu, bawang putih juga diperkaya dengan vitamin B1, B2, B3, ab6, folat, vitamin c, kalsium, iron, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium dan seng.

Bawang putih juga memiliki sifat antibiotik yang membantu menjaga sistem pencernaan, membangun sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit infeksi, hingga mencegah risiko jantung. Oleh sebab itu tak ada salahnya Bunda dan keluarga memakan bawang putih mentah langsung ya Bunda .