Beranda Kehamilan Manfaat Buah Delima Saat Masa Kehamilan

Manfaat Buah Delima Saat Masa Kehamilan

Buah delima menjadi salah satu buah yang bisa dimakan saat hamil apalagi ibu hamil membutuhkan 300 kalori dari buah-buahan.

Salah satu varian dari delima yang bisa dikonsumsi ibu hamil yaitu buah delima merah. Delima merah dipercaya memiliki kandungan kaya akan antioksidan dan zat besi, sehingga sangat dibutuhkan untuk tubuh ibu hamil dan janin untuk melengkapi vitamin.

Manfaat Buah Delima Untuk Kehamilan

Berikut lima manfaat buah delima yang dikonsumsi saat hamil, diantaranya:

  1. Mengurangi kemungkinan terjadi kecacatan kelahiran bayi

Sebagai penyalur nutrisi ke janin, selama kehamilan ada baiknya semua asupan dari makanan dan minuman harus diperhatikan sebelum dikonsumsi. Apapun yang dikonsumsi tentu sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin di dalam kandungan.

Buah delima yang dimakan selama kehamilan bisa menyehatkan untuk tubuh karena kandungan di dalamnya. Nutrisi buah delima bisa membantu dalam mengurangi kecacatan saat proses persalinan tiba. 

Buah delima yang mengandung kandungan asam folat ini dapat mencegah terjadinya kecacatan tabung saraf. Asam folat harus dikonsumsi sebagai nutrisi saat hamil, jika tidak akan terjadi kerusakan pada sumsum tulang belakang janin. Selain itu, asam folat bisa mencegah kelahiran dengan bibir yang sumbing. 

Bersama asam folat yang terpenuhi, janin akan tumbuh sempurna sesuai harapan. Cukup dengan memakan buah delima merah satu kali sehari untuk bisa memenuhi asupan asam folat di dalam tubuh. 

  1. Buah yang rendah kalori

Selain kandungan buah delima yang dapat membantu melawan radikal bebas, buah ini menjadi salah satu buah yang rendah kalori.  Kelahiran dengan kondisi berat badan janin sering menjadi masalah tersendiri ketika persalinan tiba. Tak jarang ada yang harus memutuskan untuk memilih persalinan caesar demi keselamatan keduanya. 

Buah delima yang kaya akan kalsium dan zat besi ini tidak akan membuat janin di dalam kandungan tumbuh normal, sehingga tidak ada masalah terhadap berat badan yang berlebihan saat dilahirkan. 

  1. Memperlancar aliran darah di dalam tubuh

Buah delima dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan air tinggi, sehingga menghindari ibu hamil mengalami dehidrasi selama kehamilan. Selain itu, perlu diketahui kalau buah delima juga bisa membantu melancarkan aliran darah di dalam tubuh. Untuk penderita anemia ketika sedang hamil, itu berarti buah delima sangat cocok di konsumsi. 

Mengalami anemia ketika kehamilan tentu sangat mengganggu selama beraktivitas sehari-hari. Jadi, tidak ada salahnya untuk memperbanyak konsumsi delima agar memperlancar aliran darah di dalam tubuh. 

  1. Membantu saluran usus bekerja dengan baik 

Ibu hamil saat masa kehamilan sangat rentan mengalami sembelit. Inilah yang membuat perut terasa mulas, terkadang sembelit membuat ibu hamil merasa terganggu saat beraktivitas. 

Untuk mengatasi masalah ini, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat salah satunya buah delima. Buah ini dalam membantu melunakkan feses, sehingga mencegah penyakit sembelit dan memperlancar kinerja saluran usus. 

  1. Memperkuat imunitas kesehatan tubuh

Buah delima atau pomegranate yang berasal dari daerah Timur Tengah ini memiliki manfaat lain yaitu mampu memperkuat imunitas kesehatan tubuh. 

Saat mengonsumsi buah ini, kesehatan tubuh ibu hamil dan janin akan semakin terjaga. Ini dikarenakan buah delima mempunyai vitamin C yang begitu kaya, sehingga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat dan menghindari penyakit infeksi yang biasaya ditandai dengan flu, batuk dan demam. 

Sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat karena nutrisi di dalam buah delima bisa melindungi tubuh selama masa kehamilan. 

Sahabat Bunda, dapat menjadikan buah delima sebagai variasi buah yang dikonsumsi saat masa kehamilan.