Beranda Anak Manfaat Kacang Hijau Untuk Bahan MPASI Si Kecil

Manfaat Kacang Hijau Untuk Bahan MPASI Si Kecil

Si kecil mulai melalui tahap MPASI, tentu Bunda sudah tak sabar ingin mengenalkan beragam jenis makanan yang kaya akan nutrisi. Salah satu komponen terpenting dalam pemberian MPASI adalah protein. 

Bunda dapat memilih sumber protein yang diberikan untuk si kecil melalui dua sumber yaitu, sumber protein hewani melalui daging sapi, ayam, ikan, minyak ikan, susu sapi. Sedangkan sumber protein nabati melalui kacang-kacangan, salah satunya adalah kacang hijau.

Manfaat kacang hijau untuk si kecil

Kacang hijau merupakan salah satu bahan makanan dengan kandungan nutrisi paling beragam. Kacang yang masih berkerabat dengan kacang polong ini kaya akan protein, serat, serta nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh. Nutrisinya yang seimbang membuat kacang hijau cocok untuk dikonsumsi semua kelompok usia, termasuk anak.

Berikut manfaat jika si kecil mengonsumsi kacang hijau, diantaranya:

  1. Kaya akan beragam nutrisi

Anak-anak memerlukan nutrisi yang beragam untuk mendukung tumbuh kembangnya. Cukup dengan mengonsumsi 100 gram kacang hijau, ia bisa memperoleh 106 kalori, 7 gram protein, 19 gram karbohidrat, serta lemak dalam jumlah sedikit.

Kacang hijau juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral anak, khususnya vitamin B kompleks, zat besi, mangan, serta magnesium. Bahkan, konsumsi 100 gram kacang hijau sudah dapat memenuhi lebih dari 40% kebutuhan vitamin B9 anak.

  1. Mendukung pertumbuhan badan

Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik. Protein pada kacang hijau umumnya berbentuk asam amino esensial, yakni bentuk terkecil dari protein yang tidak dapat dibentuk sendiri oleh tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan.

Jenis asam amino dalam kacang hijau antara lain fenilalanin, leusin, valin, dan arginin. Semua asam amino tersebut amat diperlukan untuk mendukung pertumbuhan badan serta membentuk otot anak selama masa emas pertumbuhannya.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Anak-anak, terutama yang masih balita, sering kali susah buang air besar. Biasanya, hal ini disebabkan karena anak masih belajar menggunakan toilet, baru mengubah pola makannya, atau pilih-pilih makanan sehingga kurang mendapat asupan serat.

Kabar baiknya, kacang hijau mengandung serat berkualitas tinggi sehingga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan anak. Serat kacang hijau juga mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Bakteri baik penting untuk melancarkan proses pencernaan.

  1. Memelihara sistem kekebalan tubuh

Kacang hijau kaya akan bermacam senyawa antioksidan, di antaranya flavonoid, asam fenolik, serta asam sinamat. Senyawa antioksidan membantu menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh, tidak terkecuali sel pada sistem kekebalan tubuh.

Antioksidan juga mendukung kerja sistem imun dengan cara mencegah peradangan kronis pada organ tubuh. Kendati masih perlu dikaji lebih lanjut, tidak ada salahnya memberikan si kecil olahan kacang hijau untuk memelihara sistem kekebalan tubuhnya.

Baca : Kenali Kebutuhan Protein Si Kecil dan Sumbernya