Beranda Keluarga Manfaat Labu Kuning Yang Perlu Bunda Ketahui

Manfaat Labu Kuning Yang Perlu Bunda Ketahui

Labu kuning seringkali Bunda temukan namun jarang Bunda jadikan bahan makanan, terkecuali Bunda yang memiliki anak bayi. Pasti menjadikan labu kuning sebagai variasi makanannya. Namun tahukah Bunda banyak manfaat jika Bunda dan keluarga mengkonsumsi sumber makanan yang satu ini. 

Manfaat Labu untuk Kesehatan Tubuh

Bagi Bunda yang mungkin selama ini belum tahu manfaat labu, berikut manfaat yang bisa didapat dari mengkonsumsi buah labu:

  • Membantu mempertajam penglihatan

Cukup dengan kira-kira secangkir labu sudah memberikan 200% kebutuhan vitamin A tubuh manusia. Melimpahnya kadar vitamin A ini karena buah labu mengandung banyak beta karoten yang diolah tubuh menjadi vitamin A, berfungsi membantu retina menyerap dan memproses cahaya, sehingga memiliki manfaat penting bagi kesehatan mata. Selain itu, buah ini juga disinyalir dapat membantu mencegah pembentukan lapisan katarak pada mata, serta juga dapat memperlambat degenerasi makula, yaitu gangguan penglihatan yang disebabkan oleh kerusakan retina.

  • Mengatur tekanan darah dan gula darah

Kandungan magnesium pada labu bermanfaat dengan hal yang berkaitan pada penanganan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Manfaat lainnya meningkatkan asupan kalium sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya risiko penyakit jantung, mengatur kadar gula darah dan membentuk serta menjaga kesehatan tulang.

  • Membuat kulit tampak lebih muda

Beta karoten yang ada pada labu juga berperan dalam melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Lebih tepatnya, fungsi zat ini adalah melindungi kulit dari sinar ultraviolet sehingga membantu mencegah kerutan pada kulit. Jika Bunda ingin mendapatkan efek labu yang menenangkan kulit, Bunda dapat menjadikannya sebuah masker dengan cara membuatnya sendiri.

  • Menurunkan risiko kanker

Risiko terjadinya beberapa jenis kanker dapat ditekan dengan mengonsumsi buah labu. Beberapa penelitian menyatakan, kandungan beta karoten pada labu sangat berperan dalam menurunkan risiko terkena kanker prostat, paru-paru, dan usus besar.

  • Meningkatkan kesuburan

Kurangnya nutrisi zinc mengakibatkan berkurangnya kualitas sperma dan peningkatan risiko infertilitas pada pria. Mengonsumsi buah labu dapat memperbaiki kualitas sperma dan kesuburan pria karena kandungan zinc yang tinggi.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan beta karoten yang akan diubah menjadi vitamin A berperan besar bagi tubuh karena dapat membantu tubuh dalam melawan virus, infeksi, dan penyakit menular.

  • Menurunkan berat badan dan mencegah dehidrasi

Manfaat labu yang penting untuk diketahui, yaitu dapat membantu menurunkan berat badan, karena serat di dalamnya membuat proses pencernaan berjalan lebih lambat. Sehingga Bunda pasti akan merasa kenyang lebih lama jika mengonsumsi labu.

Selain itu, manfaat labu juga dapat mencegah terjadinya dehidrasi karena labu mengandung air sebanyak 90%. Ada berbagai manfaat labu bagi kesehatan yang sayang dilewatkan. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan buah labu sebagai salah satu menu makanan sehat di keluarga Bunda.