Beranda Infografis Manfaat memberi ASI secara eksklusif

Manfaat memberi ASI secara eksklusif

picture of happy mother with baby over white

Tidak ada asupan yang lebih penting untuk bayi kecuali ASI atau air susu ibu. Itu sebabnya bunda disarankan memberi ASI eksklusif mengingat manfaatnya yang luar biasa. Secara alami tubuh bunda akan memproduksi ASI yang manfaatnya sangat tinggi untuk bunda dan sang bayi karena nutrisinya yang sangat melimpah. Lalu apa saja manfaat untuk sang bayi?

Yang pertama adalah sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat  sehingga membuat bayi tidak mudah sakit. Zat antibodi yang ada pada ASI dapat membantu tubuh bayi untuk menghindar dari penyebab infeksi seperti bakteri atau virus yang mungkin bisa menyerang tubuhnya.

Lalu bayi bisa jadi lebih cerdas. Menurut para ahli, asam lemak yang ada pada asi memiliki peranan penting untuk perkembangan otak bayi. Selain itu hubungan emosional antara bunda dan bayi juga bisa memiliki kontribusi akan hal ini. Selain itu manfaat asi bisa membuat berat badan bayi menjadi ideal serta tulang bayi juga bisa lebih kuat dibanding bayi yang hanya diberi susu formula atau tidak pernah diberi ASI sama sekali.

Apa manfaat memberi ASI eksklusif untuk bunda? Yang pertama bisa membuat tubuh bunda jadi lebih cepat langsing, selain itu stres bunda juga bisa berkurang karena saat memberikan ASI, tubuh bunda akan mengeluarkan hormon yang mengurangi stres sehingga pikiran bunda juga lebih tenang. Lalu bila bunda selalu memberi asi dari payudara kapanpun sang bayi lapar, bunda bisa mendapatkan KB gratis atau KB alami.

Yang harus sahabat bunda tau, dengan memberi ASI secara eksklusif juga membuat bunda terlindungi dari resiko kanker payudara. Hal ini disebabkan karena proses menyusui dapat menekan produksi hormon estrogen yang berlebihan. Jadi bila bunda memberi asi secara eksklusif, bunda tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli susu formula. Dan yang terakhir yang akan bunda dapatkan saat memberi ASI eksklusif adalah ikatan fisik dan emosional dengan si kecil lebih intim. Pastikan bunda mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar bisa memproduksi ASI yang berkualitas, dan jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air minum agar bunda tidak dehidrasi.