Beranda Anak Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Ibu Hamil

Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Ibu Hamil

Kehamilan merupakan waktu yang ditunggu untuk Ayah dan Bunda yang sedang merencanakan kehamilan. Persiapan untuk memiliki anak yang cerdas pun diperjuangkan oleh Bunda dan Ayah sejak anak masih didalam rahim.

Mempersiapkan kualitas perkembangan otak anak sangat penting dan dimulai sejak kehamilan. Banyak Ayah dan Bunda mempersiapkan perkembangan otak anak melalui musik yang diperdengarkan sejak kehamilan. Namun apakah hal tersebut bermanfaat untuk bayi didalam rahim?

Banyak penelitian yang menghasilkan hasil positif terhadap pengaruh musik yang didengarkan sejak didalam rahim untuk perkembangan otak dan psikologis anak. Musik sendiri diciptakan untuk mempengaruhi kondisi psikologis manusia. Setiap musik memiliki ritme yang menenangkan dan mempengaruhi keseimbangan otak kanan dan otak kiri janin.

MUSIK PERTAMA DIDENGAR JANIN

Memasuki usia kehamilan 13 minggu (trimester II) janin sudah dapat mendengar suara diluar rahim. Suara pertama yang didengar oleh janin adalah bunyi dari detak jantung Bunda, nafas, aliran darah, saluran pencernaan di tubuh Bunda.

Setelah suara yang dihasilkan dari dalam tubuh Bunda, janin juga dapat mendengar suara yang dikeluarkan dari luar tubuh. Suara yang didengar janin selama didalam kandungan, akan dikenali bayi setelah lahir, bayi pun akan merasa nyaman ketika mendengarnya kembali.

MANFAAT MUSIK

Membiasakan mendengarkan irama musik yang lembut dapat menenangkan Bunda dan janin. Musik yang lembut seperti musik Jazz, klasik dapat membuat tubuh rileks, dan seluruh kondisi tubuh Bunda akan stabil, seperti detak jantung, pernafasan, aliran darah, pencernaan. Saat kondisi tubuh stabil maka irama yg ditimbulkan dalam tubuh juga stabil. Sehingga janin tetap tenang didalam rahim karena irama tubuh Bunda yang stabil.

Kondisi tubuh Bunda yang tidak stabil akan membuat irama jantung berdetak cepat, kondisi  tersebut akan didengar oleh janin, dan mempengaruhi keaktifan dan ketenangannya di dalam rahim.

Sebuah penelitian menunjukan saat janin diperdengarkan musik dengan irama lambat dan lembut seperti musik klasik dan jazz, detak jantung janin menunjukan angka stabil dan normal. Sedangkan saat diperdengarkan musik dengan irama kencang seperti rok , detak jantung janin semakin cepat dan tidak stabil, serta pergerakan janin semakin sering seperti gelisah.

MUSIK UNTUK JANIN

Lakukan secara rutin mendengarkan musik dengan irama lembut karena sangat bermanfaat untuk janin, manfaat tersebut yang didapat berdasarkan penelitian diantaranya;

  • Janin akan bergerak dengan tenang dan pergerakan janin sangat mempengaruhi saat tubuh janin semakin besar.
  • Detak jantung janin berdenyut dengan stabil.
  • Janin menjadi lebih tenang.
  • Bermanfaat sebagai stimulasi pralahir, dimana musik dapat mempengaruhi perkembangan  dan kestabilan pertumbuhan otak kanan dan otak kiri.
  • Membuat kestabilan emosi saat janin telah lahir dan besar.
  • Meningkatkan mental janin saat setelah dilahirkan.

CARA MENDENGARKAN MUSIK UNTUK JANIN

Beberapa peneliti mendapatkan cara Bunda mendengarkan musik untuk janin, yakni;

  • Menggunakan headset
  • Tempelkan headset di kedua sisi perut secara simetris pada perut Bunda
  • Putarlah musik dengan pemilihan musik yang berirama lambat dan lembut
  • Atur besarnya suara musik , jangan terlalu besar. Sesuaikan volume menjadi pelan yang menimbulkan suara yang lembut dan nyaman.
  • Durasi waktu dalam satu kali putar maksimal 1 jam.
  • Lakukan setiap hari 1-2 kali putaran di waktu senggang.

Bunda juga dapat menyalakan musik dengan speaker dengan volume lembut di ruangan terbuka untuk membantu menenangkan suasana hati Bunda. Dan Bunda dapat mencoba membiasakan mendengarkan 1 musik yang disukai. Cobalah dengarkan pada bayi setelah lahir. Maka bayi dapat mengenali suara tersebut dan meresponya.

BACA JUGA : Manfaat Berjalan Kaki Untuk Ibu Hamil

1 KOMENTAR