Beranda Kehamilan Manfaat Minum Air Kelapa Saat Hamil

Manfaat Minum Air Kelapa Saat Hamil

Air kelapa sangat baik dikonsumsi oleh siapapun baik laki-laki atau perempuan, anak-anak atau dewasa. Minum air kelapa saat masa kehamilan juga sangat bermanfaat untuk Ibu dan janin. Tidak ada larangan bagi Ibu hamil mengkonsumsi air kelapa.

Manfaat Air Kelapa

Berikut manfaat air kelapa jika dikonsumsi saat hamil, diantaranya :

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat utama air kelapa adalah meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil karena mengandung potasium, kalsium, dan klorida yang tinggi. Air kelapa menyegarkan, menguatkan dan menyehatkan tubuh, serta memiliki kadar gula yang rendah.

Tambahan lagi, air kelapa mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin yang bisa membantu tubuh melawan penyakit. Air kelapa berfungsi melindung tubuh ibu hamil dan bayi dari infeksi.

  1. Mengontrol kadar gula dalam darah dan memperbaiki sirkulasi darah

Menariknya, air kelapa tak hanya menyegarkan dan melawan penyakit. Segelas air kelapa ternyata juga dapat membantu mengendalikan kadar gula darah dan memperbaiki sirkulasi darah.

Kandungan vitamin C, protein, magnesium, dan potasium yang tinggi menjadikan air kelapa bersifat sebagai antioksidan untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Air kelapa juga dapat mengendalikan tekanan darah ibu hamil yang terkadang dapat menyebabkan preeklamsia pada ibu hamil. Selain itu, air kelapa juga diketahui dapat mengurangi risiko stroke dan hipertensi pada ibu hamil.

  1. Melawan infeksi saluran kemih (ISK)

Minum air kelapa setiap hari ternyata dapat membantu Bunda menjaga sistem saluran kemih yang sehat dan mencegah terjadinya infeksi saluran kemih (ISK). Pembuktian ilmiah dibalik manfaat air kelapa yang satu ini adalah karena dapat membersihkan saluran kemih dan kandung kemih.

Jika Bunda menghadapi masalah dengan pembersihan internal tubuh, ambil segelas air kelapa yang menyegarkan. Ibu hamil biasanya membutuhkan air dari satu butir kelapa per hari, namun Bunda perlu menyesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing.

  1. Memastikan tubuh bugar sekaligus mengontrol lemak

Air kelapa merupakan minuman yang baik bagi tubuh karena tidak mengandung kalori dan dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Bahkan, banyak atlet yang memilih air kelapa karena sifatnya yang memberi energi sekaligus menyegarkan.

Bila dibandingkan dengan minuman energi atau minuman ringan, air kelapa tidak mengandung banyak gula. Oleh sebab itu, air kelapa dapat mencegah pertambahan lemak tubuh dan mengatur kadar kolesterol.

Ibu hamil yang tetap ingin aktif berolahraga selama masa kehamilan disarankan mengonsumsi sebotol air kelapa sebagai pengganti air putih biasa untuk menjaga cairan tubuh.

  1. Air kelapa untuk ibu hamil dapat mengatasi heartburn dan sembelit

Wanita hamil sering mengalami masalah di area perut, termasuk konstipasi dan heartburn (naiknya asam lambung). Minum air kelapa dapat mengatasi kedua masalah tersebut.

Air kelapa dapat memperbaiki pencernaan, memperkuat sistem pencernaan, dan mencegah sembelit maupun rasa panas di perut. Selain itu, air kelapa juga baik dalam mengatur kadar pH dalam tubuh, mencegah asam lambung yang tinggi, memperbaiki metabolisme, meredakan mual, dan mengurangi ketidaknyamanan akibat sembelit.

  1. Mencegah dehidrasi dan kelelahan

Kadar plasma dan keseimbangan elektrolit air kelapa serupa dengan yang ada dalam darah manusia. Oleh karena itu air kelapa menjadi obat terbaik untuk mengatasi dehidrasi akibat disentri, kolera, dan flu perut.

Air kelapa juga menjadi sumber energi yang amat baik bagi wanita hamil. Jika Bunda berencana terus bekerja sampai menjelang persalinan, minumlah air kelapa sebagai minuman penguat. Bunda sering merasa kelelahan selama kehamilan ini? Air kelapa bisa membantu Anda mengatasi masalah ini.

  1. Mempercepat pertumbuhan janin

Sekarang mungkin Bunda berpikir bahwa air kelapa adalah minuman ajaib yang dapat menyembuhkan segala jenis penyakit. Tapi tunggu dulu, masih ada khasiat lain dari minuman menyegarkan ini.

Selain memberikan nutrisi bagi sang ibu, air kelapa juga dapat membantu perkembangan janin secara efisien. Karena air kelapa juga dapat mengurangi kadar gula dalam darah serta tekanan darah tinggi ibu hamil, maka hal ini secara positif memengaruhi pertumbuhan janin dalam rahim. Air kelapa membantu menciptakan lingkungan yang sehat bagi sang janin berkembang.

  1. Diuretik alami

Manfaat yang terakhir ini mungkin belum banyak diketahui orang, yaitu sebagai diuretik alami. Apa artinya? Air kelapa dapat mengendalikan kadar asam urat dalam tubuh.

Menjaga asam urat tetap dalam batas berarti memastikan peningkatan aliran urin dan saluran kencing tetap bersih. Dengan demikian, ibu hamil dapat terbebas dari infeksi. Selain itu, minuman menyegarkan juga baik untuk menjaga kesehatan ginjal, mencegah munculnya batu ginjal maupun kanker hati. Benar-benar minuman yang bermanfaat bagi ibu hamil.