Beranda Anak Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Bayi

Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut Bayi

Melihat rambut bayi yang lembut dan tebal mungkin dambaan semua Bunda di rumah. Berbagai cara Bunda akan lakukan untuk rambut si Kecil yang menggemaskan.

Salah satu tips merawat rambut bayi agar tebal yang sudah dipercaya secara turun menurun adalah dengan mengoleskan minyak kemiri pada kulit kepala si Kecil nih sahabat Bunda. Minyak kemiri bermanfaat untuk rambut bayi agar cepat tumbuh. Selain itu minyak kemiri diberpacaya dapat membantu memperkuat, menghitamkan, serta menyuburkan rambut.

Minyak kemiri, bisa didapatkan dengan cara menumbuk beberapa biji kemiri yang sudah digarang atau disangrai sedikit gosong, kemudian dimasukkan ke dalam kain dan peras hingga mengeluarkan minyak. Cara alami ini bisa menjadi cara efektif untuk mendapatkan rambut yang lebih tebal.

Kandungan minyak kemiri yang bermanfaat  untuk rambut perlu Bunda ketahui, seperti:

 

  • Asam Linoleat

 

Asam linoleat merupakan asam lemak tak jenuh yang dibutuhkan oleh manusia. Asam jenis ini juga sangat dibutuhkan untuk kebutuhan nutrisi pertumbuhan rambut. Jika keberadaan asam ini kurang, maka kondisi rambut akan tipis dan terlihat tidak sehat juga terawat.

 

  • Vitamin B1

 

Vitamin B1 atau Thiamin dapat memperkuat akar rambut dan menjaga kesehatan sistem saraf disekitar rambut. Oleh karena itu, penggunaan minyak kemiri yang mengandung banyak vitamin B1 sangat baik untuk kesehatan rambut dan kekuatan akarnya.

 

  • Protein

 

Manfaat protein seperti diketahui secara umum merupakan salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan oleh tubuh manusia. Setiap bagian tubuh sangat membutuhkan asupan protein yang cukup. Termasuk juga rambut memerlukan asupan protein. Asupan protein dapat didapatkan dengan penggunaan minyak kemiri. Minyak kemiri dapat membantu rambut terus terjaga sehat dan tampak indah.

 

  • Miristat

 

Miristat merupakan salah satu kandungan minyak kemiri yang paling banyak manfaatnya. Mulai dari menghitamkan rambut secara alami dan menyuburkan rambut.

 

  • Zat Lemak

 

Zat lemak merupakan salah satu kandungan zat yang ada pada minyak kemiri. Zat lemak ini sangat bermanfaat untuk menyuburkan dan menghitamkan rambut secara alami. Minyak kemiri memiliki kandungan zat lemak yang cukup banyak untuk mampu menyuburkan dan menghitamkan rambut dengan aman dan tanpa resiko kesehatan apapun.

Cara Membuat Minyak Kemiri Alami

Salah satu membuat minyak kemiri adalah dengan membakar kemiri tersebut. Membuat kemiri dengan cara dibakar memang mudah ya sahabat Bunda, namun karena dibakar maka ketika pemakaian saat perawatan hindari mengenai pakaian atau apapun karena akan meninggalkan noda hitam dan beraroma bau seperti gosong.

Berikut langkah praktis membuat minyak kemiri di rumah:

  • Siapkan biji kemiri yang telah terkupas sempurna dari cangkangnya.
  • Bakar biji kemiri hingga benar-benar gosong seperti membuat arang.
  • Setelah biji kemiri gosong, lanjutkan dengan memblender biji kemiri hingga keluar minyaknya.
  • Masukkan minyak kemiri dalam wadah tertutup
  • Minyak kemiri siap digunakan