Beranda Anak Manfaat Tidur Siang Untuk Tumbuh Kembang Anak

Manfaat Tidur Siang Untuk Tumbuh Kembang Anak

Seperti halnya orang dewasa, anak-anak juga memerlukan istirahat yang cukup setiap harinya. Istirahat yang cukup dapat membantu anak untuk mengoptimalkan daya tahan tubuhnya. Selain itu tumbuh kembang anak salah satunya dipengaruhi oleh faktor kualitas tidur yang baik. Oleh sebab itulah kenapa kita harus membuat/mengatur jadwal istirahat yang tepat untuk anak.

Manfaat Tidur Siang Untuk Anak

  • Mengoptimalkan Pertumbuhan Anak

Beberapa riset yang dilakukan menyatakan, bahwa anak yang rutin beristirahat di siang hari memiliki kualitas pertumbuhan yang lebih baik dan optimal dibandingkan dengan anak-anak yang kehilangan waktu tidur siangnya. Mengapa demikian?  karena hormon pertumbuhan H-GH atau yang disebut Human-Growth Hormone lebih optimal mengalir dalam darah ketika anak sedang tidur siang.

Hormon H-GH adalah hormon yang diproduksi oleh otak anak dimana hormon ini akan bekerja untuk membantu proses pertumbuhan pada anak dengan hormon-hormon lainnya seperti hormon gondok, tulang, otot, ginjal dan sebagainya. Oleh sebab itu sebaiknya biasakan anak untuk tidur siang setiap hari, agar mereka dapat tumbuh secara optimal.

  • Tidur Siang Bisa Membuat Anak Lebih Bahagia

Tidur siang dapat membuat anak kita lebih bahagia, dan ini sudah dibuktikan. Beberapa riset membuktikan, jika orang yang aktif tidur di siang hari memiliki risiko yang rendah untuk stres, dibandingkan mereka yang jarang tidur siang. Begitu juga dengan anak-anak, karena anak yang aktif untuk tidur di siang hari cenderung terlihat ceria dibandingkan anak-anak yang jarang tidur di siang hari. Anak yang tidak tidur siang akan terlihat sedih, lemas dan kurang bersemangat dibandingkan anak yang aktif tidur siang. Oleh sebab itu, biasakan si kecil untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup, dan ajarkan anak untuk selalu beristirahat di siang hari.

  • Anak Mampu Memproses Informasi Yang Ia Dapatkan

Beberapa riset yang dilakukan di Arizona menyatakan, jika bayi atau balita yang tidur siang, mampu untuk memproses informasi dan mengaplikasikan kemampuannya tersebut. Pada dasarnya jika anak memiliki kualitas tidur yang baik terutama mereka yang selalu tidur siang, maka akan berkurang rasa lelah atau mengantuk pada anak. Sehingga hal ini akan sangat membantu anak dalam menerima informasi dan memprosesnya dengan baik.

Dengan demikian anak juga akan mampu mengaplikasikan informasi yang ia terima setiap harinya, baik itu informasi dari buku, dari guru atau dari media lainnya. Jika anak mampu menerima informasi dengan baik, otomatis hal ini juga akan mempengaruhi tingkat kecerdasan anak di sekolah. Jadi jangan ragu lagi untuk mengajarkan anak tidur siang dan buatlah jadwal istirahat harian anak supaya mereka memiliki kualitas tidur yang baik..

  • Meningkatkan Kreativitas Anak

Anak-anak yang aktif tidur siang mampu menciptakan ide baru dan kreasi yang luar biasa. Beberapa ahli menyatakan tidur siang mampu meningkatkan persepsi sensorik yang sama seperti tidur malam. Anak yang aktif tidur siang cenderung lebih baik dalam menciptakan ide dan karya yang luar biasa, tentu hal ini sangat bermanfaat bagi anak. Karena pola tidur yang baik akan menciptakan kualitas tidur yang baik pula.

  • Mencegah Penyakit Dalam Tubuh

Dengan anak tidur siang tentunya dapat mencegah datangnya penyakit dalam tubuh anak. Pada umumnya anak terserang sakit ketika daya tahan tubuh mereka melemah, dengan melemahnya daya tahan tubuh anak disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya kurangnya waktu istirahat anak. Berikan anak istirahat dengan waktu yang cukup, sesuaikan kebutuhan tidur anak dengan usianya. Jika anak kurang istirahat maka metabolisme tubuhnya akan terganggu, dengan begitu tentu daya tahan tubuh anak akan melemah. Melemahnya daya tahan tubuh anak dapat mempermudah penyakit masuk ke dalam tubuhnya.

  • Mengistirahatkan Tubuh

Setiap hari si kecil melakukan banyak sekali aktivitas, dan tentu hal ini melibatkan organ tubuh dan otak anak. Tidur adalah waktu yang tepat untuk anak mengistirahatkan organ tubuh dan otaknya yang sudah kelelahan dengan segudang aktivitas. Dan ketika anak terbangun, anak akan merasa lebih tenang, nyaman dan segar.

  • Menjaga Berat Badannya

Salah satu tingkat kesehatan anak dapat dilihat melalui berat badannya. Tidur siang adalah cara yang baik untuk menjaga berat badan si Kecil. Berikan anak waktu istirahat siang yang cukup, jangan biarkan anak memilih bermain atau menonton TV dari pada tidur siang. Ajarkan pada anak apa saja manfaat tidur siang, dengan begitu anak akan lebih mudah untuk diminta/diperintahkan tidur di siang hari.

  • Mengembalikan Stamina

Dengan banyaknya aktivitas anak, baik itu di sekolah maupun diluar rumah, tentu anak juga dapat merasakan kecapekan/kelelahan. Tidur siang adalah obat mujarab untuk mengembalikan stamina tubuhnya, sehingga tubuh anak menjadi lebih bugar. Dengan kembalinya stamina anak, tentu anak akan kembali aktif menjalankan aktivitas selanjutnya, karena energi tubuhnya sudah optimal kembali.

  • Memperbaiki Mood Anak

Anak yang memiliki kualitas tidur yang baik, umumnya lebih bahagia dibandingkan dengan anak yang tidak cukup tidur. Biasanya anak yang kurang waktu tidurnya cenderung lebih rewel, mudah cemas dan terkesan cengeng. Ini dapat dimengerti, karena kondisi tubuhnya yang tidak nyaman, kelelahan dan stres. Anak juga menjadi sulit diatur, serba salah dan cepat marah.

Beberapa manfaat di atas akan anak dapatkan ketika mereka aktif melakukan tidur siang. Anak akan merasa lebih segar, lebih ceria dan cerdas, tentu hal ini juga bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Jangan abaikan manfaat tidur siang untuk anak ya sahabat Bunda, karena tidur siang dapat mengotimalkan metabolisme tubuh anak.