Beranda Anak Memaksimalkan Tinggi Badan Si Kecil

Memaksimalkan Tinggi Badan Si Kecil

Memaksimalkan tumbuh kembang anak adalah tugas orang tua, salah satu jenis tumbuh kembang anak adalah tinggi badan. Tinggi badan si kecil sejatinya dapat Bunda maksimalkan sejak dini. Memasuki usia dua tahun anak akan mengalami penambahan tinggi badan sekitar 5-6 cm setiap tahunnya hingga masa pubertas. 

Tinggi badan dipengaruhi dengan banyak faktor, selain faktor genetik namun asupan nutrisi dan kalsium juga sangat mempengaruhi loh Bunda, jadi jika genetik tidak tinggi bukan berarti si kecil tidak bisa tinggi ya Bunda. 

Cara Menambah Tinggi Badan Si Kecil

Tahukah Bunda, hampir 99% kandungan pada tulang adalah kalsium, oleh sebab itu tingginya pengaruh kalsium untuk pertumbuhan tulang sangat tinggi sekaligus penentu tinggi badan. 

Kalsium sendiri dapat ditemukan dari beberapa jenis makanan seperti sayuran hijau, ikan sarden, ikan teri, susu dan olahan susu seperti yogurt dan keju. Kalsium selain mempengaruhi tinggi badan juga mempengaruhi kesehatan gigi, mendukung kerja sistem saraf, pembekuan darah dan kontraksi otot. 

Pentingnya pengaruh kalsium terhadap tinggi badan anak, Bunda perlu memaksimalkan asupan kalsium setiap harinya. Setiap anak memerlukan asupan kalsium berbeda-beda berdasarkan usia anak, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan. 

Asupan kalsium

Bunda dapat memberikan asupan kalsium si kecil dengan parameter sebagai berikut :

  • 1-6 tahun : 500 mg/hari
  • 7-9 tahun : 600 mg /hari 
  • > 10 tahun : 1000 mg/hari

Selain mendapatkan kalsium melalui makanan yang mengandung kalsium, Bunda juga dapat melengkapi asupan si kecil dengan susu setiap pagi dan sore. Dan dukung aktivitas si kecil untuk memaksimalkan tinggi badan si kecil diantaranya :

  • Memaksimalkan asupan kalsium setiap harinya 
  • Melakukan aktivitas olahraga secara teratur 
  • Memastikan istirahat yang cukup 

Selain sebagai kebutuhan, jika asupan kalsium kurang maka juga menimbulkan penyakit loh Bunda, penyakit yang timbul jika kekurangan kalsium adalah rakitis, osteomalasia, serta osteoporosis. Jadi jangan lupa memastikan kecukupan asupan kalsium si kecil ya Bunda.