Beranda Kehamilan Mempersiapkan Lahirnya Bayi Kembar

Mempersiapkan Lahirnya Bayi Kembar

Bunda sedang hamil saat ini, atau sedang mengandung bayi kembar, selamat ya Bunda. Tapi Bunda harus banyak mencari hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut si kembar nih Bunda. 

Memiliki bayi satu saja sudah luar biasa persiapannya, apalagi bayi kembar. Banyak hal yang perlu Bunda ketahui mulai dari cara mempertahankan kehamilan kembar sampai persiapan menyambut kelahirannya. 

Kehamilan Kembar Memiliki Risiko 

Kehamilan normal di dunia klinis disebutkan bahwa setiap Ibu hamil hanya mengandung satu bayi, dan apabila Ibu hamil mengandung dua bayi sekaligus maka dikatakan kehamilan patologis yang memiliki resiko lebih tinggi dibandingkan kehamilan satu bayi. 

Kehamilan kembar memiliki beberapa risiko yang perlu Bunda dan pasangan perhatikan di anatarnya :

  • Kadar human chorionic gonadotropin (hCG) di masa kehamilan lebih tinggi pada wanita dengan bayi kembar. Kondisi ini menyebabkan kemungkinan morning sickness atau mual dan muntah menjadi lebih terasa.
  • Risiko keguguran lebih tinggi pada ibu dengan bayi kembar terutama yang mengalami pendarahan kecil di awal masa kehamilan.
  • Pertambahan berat badan pada wanita yang hamil kembar tentu lebih tinggi daripada yang hamil dengan satu bayi. Pertambahan berat badan rata-rata pada ibu hamil dengan satu janin adalah sekitar 11 kg, sementara pada janin kembar adalah 13-15 kg.
  • Berat bayi lebih berisiko menekan pembuluh darah pada area panggul, sehingga ibu hamil kembar cenderung mengalami wasir dan varises.
  • Tekanan pada lambung berisiko menyebabkan perut kembung dan nyeri ulu hati.
  • Lebih berisiko mengalami nyeri panggul dan nyeri punggung karena beban lebih besar.
  • Ibu dengan yang hamil dengan bayi kembar lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi di masa kehamilan.
  • Transfusi antar-bayi kembar. Pada bayi kembar yang berbagi pembuluh darah dalam plasenta berisiko mengalami pembagian darah yang tidak seimbang. Satu bayi bisa mendapat darah berlebihan dan satu lagi kekurangan. Kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi serius pada kedua bayi dan biasanya ditangani dengan kelahiran lebih awal.

Persiapan Persalinan Bayi Kembar

Bayi kembar bisa lahir tepat waktu seperti pada kehamilan dengan satu bayi, namun umumnya dokter akan menyarankan persalinan melalui induksi persalinan atau operasi caesar, pada minggu 38 – 39 kehamilan.

Makin banyak jumlah bayi yang dikandung, risiko mereka lahir prematur semakin tinggi. Oleh karenanya, bayi kembar Anda mungkin akan diberi suntikan kortikosteroid untuk mempercepat perkembangan paru-paru mereka.

Proses persalinan juga lebih mungkin akan melalui operasi caesar. Pada kebanyakan kasus, jika kepala bayi berada di bawah, bayi pertama dapat dikeluarkan dengan cara normal, namun diperlukan operasi caesar untuk mengeluarkan bayi kedua. Sementara untuk bayi kembar tiga ke atas, hampir setiap persalinan dilakukan dengan caesar.

Persiapan Merawat Bayi Kembar

Menangani dua bayi sekaligus memerlukan tenaga dan kemampuan ekstra nih sahabat Bunda. Berikut ini adalah beberapa hal yang patut diberi perhatian oleh sahabat Bunda, diantaranya:

  • Olahraga Ringan

Risiko gangguan kesehatan yang lebih tinggi pada wanita yang hamil kembar membuat Bunda yang mengandung dua janin atau lebih perlu berolahraga secara teratur selama hamil, seperti senam Kegel untuk menguatkan otot panggul.

  • Mempersiapkan Bantuan / Asisten

Pertimbangkan untuk meminta bantuan kerabat atau menggunakan jasa pengasuh untuk membantu Bunda mengasuh si Kembar setelah lahir. Menyusui dan merawat dua bayi sekaligus akan cukup membuat Bunda kelelahan, belum lagi ditambah dengan pekerjaan rumah tangga.

  • Persiapan Keuangan / Keperluan lebih besar

Persiapkan biaya untuk dua anak sekaligus, baik dari dana untuk perlengkapan bayi hingga pendidikan mereka di masa depan. Untuk menekan biaya, beberapa perlengkapan seperti pakaian, mainan, dan sepatu dapat diperoleh dari kerabat yang sudah tidak menggunakannya. Namun beberapa peralatan yang membutuhkan standar keselamatan sebaiknya tetap dibeli baru, seperti kursi makan dan kereta bayi (stroller).

Dengan persiapan yang baik, tantangan yang dialami ibu yang hamil dengan bayi kembar dapat disiasati, sehingga dapat menjadi kebahagiaan ganda. Selalu persiapkan semua hal bersama dengan pasangan ya Bunda, agar tidak lelah dan cemas.

Baca : Bahaya Bayi Lahir Prematur